Skip to main content
Kodam I/Bukit Barisan

Korem 031/Wira Bima Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla Tahun 2024

Dibaca: 121 Oleh 29 Mar 2024Tidak ada komentar
Korem 031/Wira Bima Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla Tahun 2024
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P., M.Han memimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Korem 031/WB Tahun 2024, bertempat di Lapangan Apel Makorem Jalan Mayor Ali Rasyid kota Pekanbaru. Kamis, (28/3/2024).

Dalam sambutannya, Danrem mengatakan, dalam UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI dijelaskan bahwa terdapat 14 tugas pokok TNI dalam OMSP diantaranya TNI membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan, membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

Apel Kesiapsiagaan ini merupakan bagian dari tugas Korem 031/Wira Bima selaku Komando Kewilayahan di dalam melaksanakan tugas penanganan dan pencegahan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kesiapan operasional sangat diperlukan untuk mampu mengantisipasi yang diprediksikan dapat terjadi. Oleh sebab itu melalui Apel Kesiapsiagaan ini hendaknya dapat tercapai kesamaan persepsi, pola pikir, aplikasi, evaluasi dan tindakan para unsur Satgas Karhutla dalam mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga:  Korem 032/Wbr Berikan Materi Wasbang di Universitas Muhammadiyah

“Untuk itu lakukan koordinasi dan kerja sama yang terarah, terencana dan terkendali dengan tetap mengacu dan berpedoman pada peraturan dan hukum yang berlaku, agar sasaran dan tujuan dari Apel Kesiapsiagaan ini dapat dicapai dengan optimal dan berhasil,” ucap Danrem.

“Saya ingatkan kembali bahwa penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan bukanlah semata-mata menjadi masalah pemerintah dan juga bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat kewilayahan saja, akan tetapi penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan merupakan tanggung jawab bersama, yang harus ditangani secara bersama-sama oleh segenap komponen bangsa,” ungkapnya.

Tampak hadir Kasrem 031/WB Kolonel Kav Eko Agus Nugroho S.I.P, M.Si, Para Kasi Kasrem 031/WB, Dandim 0313/KPR Letkol Inf Setiawan Hadi Nugroho SH. M.I.P, Kepala Daops Mangala Agni Pekanbaru Chaerul P. Ginting, Kepala Basarnas diwakili Kasi Sumber Daya Basarnas Ibnu Putra Dewantoro, Kasatpol PP Provinsi Riau Hadi Penandio, Kepada Damkar diwakili Plh Kasi Resque Rusdianto.(Dispenad)

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel