Kodam I/Bukit Barisan

Korem 031/Wb : Babinsa Koramil 02/Rambah Turun Tinjau Pelaksanaan Ubinan Dilahan Penduduk

Dibaca: 46 Oleh 08 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pasir Pengaraian (8/9/2015) – Ubinan merupakan survei yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengestimasi produktivitas (produksi per hektar) komoditas tanaman pangan dalam hal ini Jagung.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah Serma M. Yakfi, Serda Mendrayani bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Rahmansyah Sinaga Koordinator Statistik Kecamatan (KSK), Faisal Siregar (KSK), Deri Siregar (KSK) beserta KA. Dinas UPTD Pertanian Kec. Rambah Samo H. Syahril dan Staf UPTD pertanian ikut hadir dalam pelaksanaan mengubin Lahan Jagung Masyarakat Petani milik Mamat (41) yang dilaksanakan di Desa Langkitin Kecamatan Rambah Samo Kab. Rohul.

Dari Dinas Badan Pusat Statistik (BPS) Rahmansyah Sinaga Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) menyebutkan, “Ubinan merupakan cara luasan yang umumnya berbentuk empat persegi panjang atau bujur sangkar (untuk mempermudah perhitungan luas) yang dipilih untuk mewakili  suatu hamparan pertanaman yang akan diduga produktivitasnya (hasil tanaman per hektar tanpa pematang), dengan cara menimbang hasil (kg/ubinan) dikali faktor (10.000 m2 dibagi luas ubinan (m2)). Ubinan yang benar dicirikan dengan apabila ubinan diperbanyak secara bersambung ke kanan-kiri atau depan-belakang (pada pertanaman berjarak tanam beraturan), maka jumlah rumpun tanaman/populasinya akan merupakan kelipatan dari jumlah rumpun dalam ubinan semula. Dan dari hasil Ubinan yang dilakukan tadi dilokasi Lahan Jagung milik Mamat, di perkirakan sebanyak 14,4 Ton. Tutur Rahmansyah.

Disisi yang sama Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Rambah menuturkan, “Ada beberapa tanaman palawija yang bisa diambil oleh petani untuk ditanam pada lahan mereka saat kemarau. Namun, salah satu tanaman yang paling cocok, yakni jagung. Jagung saat ditanam tidak membutuhkan lebih banyak air. Sehingga kalau kemarau seperti saat ini bisa tetap dipanen oleh petani. Hal ini juga untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah”. Sebutnya.

Lanjut Babinsa, “Dan Kami ikut mengawasi seluruh kegiatan yang bersangkutan dengan kegiatan ketahanan pangan yang sekarang sedang berjalan. Agar prongram yang sudah direncanakan dan terrencana diharapkan dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang lebih maksimal.”ungkap Babinsa.

Dalam kegiatan tersebut, Tampak Para Babinsa Koramil 02/Rambah, petugas dari BPS Rohul, KA. UPTD Pertanian Kec. Rambah Samo dan Petani dalam melaksanakan kegiatan membuat mengubin lahan tersebut. Dan diakhir kegiatan yang dilaksanakan tampak Photo bersama dalam menimbang dan mengubin lahan mamat sang pemilik Lahan Jagung.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel