Kostrad

Kunjungan Menko Polhukam di Pelintas Batas Negara RI-RDTL Sektor Barat

Dibaca: 87 Oleh 13 Nov 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kostrad(13/). WINI TTU. Pos Pelintas Batas Negara Indonesia (PLBN) RI-RDTL saat ini tengah menjadi perhatian serius dari pemerintah. Namun masih banyak pos perbatasan lainnya yang luput dari perhatian, moment yang sangat tepat pada saat Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Mendagri Thahjo Kumolo dan rombongan Gubernur Nusa Tenggara Timur serta Danrem 161/Wira Sakti meninjau Pos Lintas Batas Negara (PBLN) Terpadu yang berlokasi di Wini Kabupaten Timur Tengah Utara NTT. Mereka menerima laporan tentang kondisi di wilayah perbatasan PLB Wini yang dipaparkan oleh Dansatgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman, S.Sos didampingi oleh Kapten Arm Hendriyana, S.Sos selaku Komandan Kompi Tempur 1 Pos Wini.

Sepanjang pos perbatasan di wilayah TTU yang sangat menjadi perhatian adalah kurangnya Sarana dan Prasarana seperti listrik yang saat ini masih menggunakan Ganset, sumber tenaga yg masih menggunakan solarcell dan Sarana komunikasi yang sangat kurang bagi kami di pos-pos perbatasan. Pada saat menjauh dari pemukiman, komunikasi akan terhambat sehingga otomatis penyampaian rencana kegiatan akan terhambat juga. Selain itu tidak ada kendaraan taktis, membuat Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed 11 Kostrad terhambat dalam melakukan pencegahan yang bersifat emergency maupun penanganan apabila terjadi hal hal yg bersifat segera/emergency disekitar pos perbatasan terlebih lagi apabila musim hujan tiba maka susahnya pendistribusian logistik di wilyah Oepoli hanya bisa menggunakan helly,” kata Satgas Pamtas Yonarmed 11 Kostrad Letkol Arm Teguh Tri Prihanto Usman, S,Sos di wini NTT.

Turut pula hadir laporan perwakilan dari Kementerian dan informasi bersama perwakilan Telkomsel wilayah perbatasan menyampaikan ”Untuk wilayah perbatasan, sedang ditambah secara bertahap di 40 titik perbatasan baru 30 yang sudah selesai terpasang, selebihnya terkendala topografi dan pemasangannya logistik BTS.

​Setelah mendengarkan pemaparan, Luhut dan Tjahjo Kumolo berkeliling untuk melihat Pos Lintas Batas Negara di Wini. Nantinya pemerintah akan menata ulang PLBN ini dengan melakukan pembangunan Pos Lintas Batas baru di Lokasi yang sama yg lebih terpadu, efektif dan efisien dengan alur yang lebih teratur dan cukup melakukan satu kali pelaporan, yang mana didalamnya tergabung dari jajaran mulai Satgas Pamtas (TNI), Brimob, Kapospol, Karantina, Bea Cukai, dan Imigrasi.’

Kunjungan Menko Polhukam beserta rombongan yang sangat begitu singkat membuat prajurit & masyarakat yang ada di perbatasan sangat antusias dan bangga. Dengan harapan Pemerintah dapat menjadikan perhatian khusus kepada jajaran yang bertugas di perbatasan.’ Ujar Dansatgas Yonarmed 11 Kostrad”

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel