Kodam V/Brawijaya

Mahasiswa Dan Masyarakatsangat Antusias Melihat Pameran Alutsista TNI Di UNAIR

Dibaca: 25 Oleh 07 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Surabaya ( 06/09/15), Para Mahasiswa, khususnya Mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya (Unair) dan Masyarakat Kota Surabaya sangat antusias menyambut  adanya Pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) TNI yang di gelar di Kampus C Unair Jalan Mulyorejo Surabaya dari tanggal 5 sampai dengan tanggal 7 September 2015 hari ini, hal ini terlihat dari sangat membludaknya pengunjung pameran yang diperkirakan mencapai 50 ribuan pengunjung.

Pameran Alutsista ini digelar dalam rangka memperingati HUT TNI ke- 70 tahun 2015 dan peringatan Dies Natalis Unair ke-61 Tahun 2015. Dengan adanya sinergitas antara TNI dengan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya tersebut diharapkan dapat membangun visi akademis antara TNI dan Kampus, khususnya Fakultas Sains dan Teknologi Unair Surabaya.

Menurut Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Inf Muhammad Nur Rahmad selaku Ketua Pameran Alutsiata TNI ini mengatakan, bahwa tujuan digelarnya pameran dengan mengusung tema “Satu Hati Satu Cinta, TNI Demi Indonesia” ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan kepada Mahasiswa serta masyarakat di Jawa Timur tentang gelar alutsista yang dimiliki TNI saat ini, sekaligus sebagai wujud pertanggungjawaban TNI kepada masyarakat atas anggaran yang diberikan Negara kepada TNI. Disamping itu, pameran ini digelar dalam rangka peringatan ke-70 Hari TNI Tahun 2015 dengan menampilkan alutsista TNI dari generasi ke genarasi sampai dengan alutsista terbaru yang dimiliki TNI, mengenalkan Alutsista TNI kepada masyarakat agar dapat merasakan bahwa masyarakat ikut memiliki TNI dan memelihara Kemanunggalan TNI Rakyat sebagai upaya untuk mewujudkan sistem pertahanan yang kuat.

Alutsista yang dipamerkan meliputi :  Kecabangan Infanteri, yaitu Persenjataan Yonif 500/Raider, Munisi persenjataan Yonif 500/Raider, Aloptik Yonif 500/Raider, kendaraan PJD dan Truck Yonif 500/Raider, Alhub dan Gamsus serta Alkapsat Yonif 500/Raider. Dari Tonif Mekanis Yonif 516/CY meliputi, Ranpur APS-2 APC dan Ranpur APS-2 Intai. Dari Yonif Linud Divif-2/Kostrad meliputi, senjata dan perlengkapan terjun.Sementara itu dari Kecabangan Kavaleri meliputi Tank AMX-13 Kanon 105, Tank Kanon AMX-13 Komando, Panser Anoa, Panser Panhard, Tank Leopard 2A4, Tank Marder, Tank Scorpion Kanon 90 dan Tank Stormer.

Sedangkan dari Kecabangan Armed meliputi, kendaraan LMU dan kendaraan VCC, Meriam 105 KH 178, dari Kecabangan Arhanud meliputi, Meriam 57 mm/Retrofit, Meriam 57 mm/T.AKT, FCS, Radar TDAR dan SMB 12,7 mm, Rudal RBS 70, Meriam 23 mm, Target Drone STD, Target Drone dan Rudal Rapier. Sementara dari Kecabangan Zeni meliputi, Graeder GD 511, Loader Daewoo Mega 200. Dump Truck, Ransus Jhandak, Strada Jihandak. Kecabangan Polisi Militer meliputi, Ran Kawal Roda 4 Mitsubhisi Pajero, Yamaha FJR 1300 cc, Harley Davidson 1000 cc, Gamsus Polisi Militer TNI AD, Disamping itu juga ada dari Kecabangan Perhubungan, Peralatan, Kesehatan, Perbekalan dan Angkutan, Topografi, serta dari TNI AL , TNI AU dan Pindad.

Pameran di lapangan terbuka itu dibuka mulai pukul 08.00 WIB dan ditutup pukul 21.00 WIB. Diisi juga dengan panggung hiburan yang menampilkan sejumlah artis, mahasiswa Unair dan Prajurit TNI serta Kharisma Dancer dengan beberapa tarian kontemporernya.

Pameran Alutsista TNI yang dibuka oleh Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Suprapto mewakili Dangartap III Surabaya Mayjen TNI Sumardi ini sedianya akan berlangsung selama 2 hari, namun karena ada permintaan perpanjangan dari Rektor Unair Prof. Dr. Moh. Nasih mengingat sangat antusiasme dari pihak kampus agar semua karyawan, mahasiswa dan dosen Unair serta masyarakat Surabaya dan sekitarnya sehingga pelaksanaannya ditambah satu hari lagi.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel