Berita Satuan

Pangdam Bukit Barisan: Status Gunung Sinabung Masih Awas

Dibaca: 27 Oleh 21 Jan 2014Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Senin, 20/01/2014 16:48 WIB
Jakarta – Sudah hampir 3 bulan Gunung Sinabung di Sumatera Utara terus-menerus mengeluarkan abu panas dan lava. Hingga kini status Gunung Sinabung belum diturunkan dari status Awas.

“Perkembangan sampai siang ini masih dipertahankan status awas level 4,” ujar Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Haris, Senin (20/1/2014).

Laporan itu disampaikan Mayjen Istu melalui video conference kepada KSAD Jenderal TNI Budiman di Ruang Bina Yuda 2, Mabes TNI AD, Jl Veteran 3, Jakarta Pusat.
Mayjen Istu menambahkan, kondisi cuaca saat ini di sekitar kawasan Gunung Sinabung berawan dengan temperatur udara 22-23 derajat celcius. Warga yang terancam dampak erupsi pun sudah dievakuasi dan diungsikaan.

“Teramati hingga saat ini ada 24 kali guguran lava. Pengungsi di lokasi penampungan bertambah 42 titik dengan rincian 8.873 KK berjumlah total 28.221 orang,” papar Istu.

Erupsi Gunung Sinabung itu merambah sekitar 5 Kecamatan yang terdiri dari 30 desa. Pasukan yang dikerahkan dari Batalyon 125.

Selain itu, Mayjen Istu juga mengatakan, satuannya telah bersiap mengamankan kunjungan Presiden SBY ke lokasi. SBY dijadwalkan datang pada tanggal 23-25 Januari 2014.

“Pasukan disiapkan di tempat yang berdekatan dengan lokasi, pengamanan pengungsi, bantuan, pembersihan jalan-jalan yang kena lumpur,” tandas Istu.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel