Kodam I/Bukit Barisan

Pangdam I/Bb : Penanaman Pohon Secara Serentak Kegiatan Toba Go Green

Dibaca: 87 Oleh 21 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung resmikan penanaman secara serentak kegiatan Toba Go Green tahun 2015 di Kawasan Danau Toba Kab. Samosir, Sabtu (19/9).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerjasama antara Kodam I/Bukit Barisan dengan seluruh Stake Holder, baik pemerintah daerah Provinsi Sumatera Utara, pemerintah Kabupaten yang berada di sekitar kawasan Danau Toba, BUMN, Perguruan Tinggi, Insan pers dan seluruh elemen masyarakat yang berada di wilayah Provinsi Sumatera Utara, dalam rangka mensukseskan kegiatan Toba Go Green yang telah dicanangkan sejak tanggal 5 Oktober 2011 yang lalu, dan kegiatan Toba Go Green ini akan kita lanjutkan sepanjang Tahun, sehingga tercapai target yang diharapkan sesuai dengan yang telah direncanakan yaitu berkisar lebih kurang 40 juta pohon. Apabila target penanaman 40 juta pohon tersebut tercapai,  Pangdam I/BB yakin nantinya dapat menghijaukan wilayah kritis di sekitar kawasan Danau Toba yang luasnya lebih kurang mencapai 380.000 hektar.  Pada kesempatan tersebut Pangdam I/BB menginformasikan bahwa, sejak dicanangkannya kegiatan Toba Go Green pada Tahun 2011, penanaman pohon yang telah tercapai sampai dengan hari ini  berjumlah 2.529.745 pohon, yang tersebar di 7 Kabupaten di sekitar kawasan Danau Toba, yang meliputi Kabupaten Dairi, Humbahas, Taput, Tobasa, Samosir, Simalungun dan Kabupaten Karo.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan kegiatan penanaman pohon secara serentak yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan tindak lanjut dari pencanangan kegiatanToba Go Green Tahun 2014 yang telah dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2014 yang lalu, tepatnya di Desa Lintong Nihuta Kec. Tampahan Kab. Tobasa, dengan target penanaman pada Tahun 2014  sebanyak 1 juta pohon dan pencapaian penanaman pohon sampai dengan minggu ketiga bulan September 2014 sudah mencapai 345.490 pohon. Oleh karena itu,Pangdam I/BB berkeinginan mengajak kepada semuanya, untuk tetap tumbuh kembangkan semangat untuk melestarikan kawasan Danau Toba, sehingga akan tetap terjamin masa depan anak cucu kita nantinya dan pada kesempatan ini Pangdam I/BB juga berharap kepada semuanya, untuk meningkatkan sinergitas jalinan kerjasama yang sudah terwujud dengan baik selama ini, sehingga komitmen  untuk membantu pemerintah dalam rangka mengurangi pemanasan global atau Global Warming, serta melindungi integritas ekosistem sebagai upaya pemulihan konservasi kawasan Danau Toba yang berbasis ramah lingkungan dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Diakhir sambutannya Pangdam I/BB mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran pemerintah provinsi Sumatera Utara, BUMN, Perguruan Tinggi dan seluruh elemen masyarakat Sumatera Utara atas partisipasinya dalam mensukseskan kegiatan Toba Go Green yang merupakan kegiatan kita bersama. Maka pada hari selasa, tanggal 23 September 2014, pukul 09.30, Pangdam I/BB menyampaikan untuk penanaman secara serentak kegiatan Toba Go Green Tahun 2015, dengan resmi dinyatakan dimulai.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Gubernur Sumut beserta unsur FKPD, Rektor USU, Bupati Samosir beserta unsur FKPD, Dirut PTPN III, PTPN IV, PT. Toba Pulp Lestari, PT. Lonsum, PT. Wilmar Group, PT. Musim Mas, PT. Sucofindo, PT. Pelindo I, Dirut PDAM Tirtanadi, Irdam I/BB, Danrem 023/KS, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB dan Para Dandim jajaran Korem 023/KS.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel