Kodam IX/Udayana

Kodam IX/Udayana Gelar Penataran Hukum Fungsi Komando

Dibaca: 71 Oleh 21 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan membuka Upacara Penataran Hukum Fungsi Komando Bagi Para Ankum, Pejabat Personel dan Intel/Pam di Jajaran Kodam IX/Udayana, Senin (21/9) di Aula Udayana, Kodam IX/Udayana.

Dalam amanat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI M. Setyo Sularso yang dibacakan oleh Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Hadi Kusnan menyampaikan, dalam rangka transformasi peran TNI AD menuju prajurit profesional, maka dibutuhkan upaya yang berkaitan erat dengan penerapan hukum dalam tugas-tugas yang diemban oleh satuan-satuan di jajaran Angkatan Darat. Dalam konteks pembinaan kekuatan TNI AD, Pimpinan Angkatan Darat memandang perlu adanya peningkatan pemahaman dan kesatuan langkah para Komandan Satuan dalam menyelesaikan setiap permasalahan hukum yang terjadi di satuannya.

“Hukum sebagai fungsi komando merupakan tugas dan tanggung jawab setiap komandan/pimpinan satuan untuk melakukan pembinaan dan penegakkan hukum di satuannya agar satuan siap operasional, sehingga diharapkan melalui penataran ini para Ankum, Pejabat personil dan Intel/Pam semakin memahami fungsi dalam menyelesaikan permasalahan hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku serta para komandan satuan mampu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan kewenangan hukum yang dimiliki, baik selaku Ankum maupun Papera nantinya, sehingga mampu menyelesaikan permasalahan hukum di satuannya secara efektif”, tegas Pangdam.

Penataran hukum yang dilaksanakan mulai tanggal 21 September sampai dengan 23 September 2015 ini bertemakan “Melalui Penataran Hukum Sebagai Fungsi Komando, Kita Tingkatkan Kemampuan Para Ankum, Pejabat Personil dan Pejabat Intel dalam Mengoptimalkan Pembinaan dan Penyelesaian Permasalahan Hukum di Jajaran Kodam IX/Udayana” dan materi-materi hukum yang akan disampaikan secara aplikatif sebagai fungsi komando dalam pembinaan satuan meliputi : hukum militer, hukum disiplin, hukum pidana, hukum administratif serta pengetahuan hukum lainnya. Yang akan disampaikan oleh Tim Penatar dari Direktorat Hukum Angkatan Darat (Ditkumad) yang diketuai Kolonel Chk Rahmadi, S.H., M.H.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel