Kodam IV/Diponegoro

Pengenalan Dunia Profesi Sejak Dini

Dibaca: 118 Oleh 21 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Dalam rangka menumbuhkan cinta tanah air dan pengenalan dunia profesi SD Al Madina Wonosobo mengadakan kunjungan study ke Kodim 0707/ Wonosobo yang diikuti oleh anak – anak kelas 1 sejumlah 75 anak. Ini sangat baik dilakukan karena jika kenalkan sejak sedini mungkin, pada usia dini otak manusia masih mudah menerima segala macam infomasi, (21/1).

Sersan Mayor Sutardi selaku pemandu dari Kodim menyampaikan materi tenang pentingnya bela Negara agar anak – anak kelak dikemudian hari bisa menjadi generasi penerus yang bisa diandalkan sesuai dengan Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila. Karena saat ini pengaruh dari luar sangat besar dan itu membutuhkan bimbingan yang terus menerus disamping dari guru juga dari lingkungan diluar. Saat ini anak – anak sudah bisa membuka internet, sehingga sangat penting bila mereka diberi pemahaman tentang pentingnya bela Negara.

Disamping materi bela Negara mereka juga dikenalkan dunia profesi, Mereka dikenalkan tugas tentara sebagai benteng Negara, pelindung masyarakat bila mana Negara mendapat serangan dari Negara lain. Dan jika disaat damai tugas tentara adalah membantu pemerintah daerah seperti membantu bencana alam, Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue) dan lain sebagainya. Hal ini diharapkan mereka mempunyai cita – cita yang tertanam dengan kuat sehingga mereka mau belajar dengan sungguh – sungguh untuk mencapai cita – cita tersebut. Yang tidak kalah penting adalah untuk menumbuhkan kepada anak – anak Wonosobo mau menjadi anggota TNI kelak dikemudian hari. Itu perlu dilakukan sebab saat ini untuk wilayah wonosobo bila dibandingkan dengan daerah lain menjadi anggota TNI masih rendah.

Pada kesempatan kali ini anak – anak diperlihatkan senjata SS1dan pistol FN 46. SS1 merupakan senjata tempur bagi TNI yang merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia. SS1 di produksi PT Pindad Bandung. Disamping diperkenalkan senjata anak – anak juga dilatih baris – berbaris oleh Serka Sutardi sebagai pemandu.

Tujuan baris – berbaris adalah membentuk karakter atau pribadi yang tegas dan patuh pada perintah. PBB bisa mencerminkan tingkat kecerdasan seseorang. Karena jika orang tersebut tingkat kecerdasannya semakin tinggi maka akan semakin cepat merespon perintah dengan benar. Disamping itu manfaat yang lain adalah membentuk jiwa korsa yang kuat dalam sebuah institusi atau lembaga dan yang tak kalah penting adalah dapat menyehatkan tubuh kita.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel