Kodam Jaya

Melalui Rapim 2016, Kodam Jaya Mantapkan Langkah Di 2016

Dibaca: 86 Oleh 21 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

“Melalui Rapim (Rapat Pimpinan) ini, Kebijakan TNI Angkatan Darat tahun 2016 menjadi dasar bagi kita dalam melaksanakan tugas-tugas pada tahun 2016 dan dapat dijabarkan lebih lanjut di tiap-tiap satuan. Diharapkan berbagai kebijakan pimpinan, termasuk program kerja dan anggaran TA 2016 dapat mewujudkan sasaran yang kita harapkan bersama dalam rangka pembinaan kekuatan dan kemampuan Kodam Jaya sesuai dengan lingkup tugas masing-masing, disertai dengan tertib administrasi untuk mencapai penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI,” Tegas Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Teddy Lhaksmana saat membuka Rapim Kodam Jaya tahun 2016 yang diselenggarakan di Aula A.Yani Makodam Jaya, Kamis (21/01).

Lebih lanjut melalui Rapim Kodam Jaya tahun 2016 ini, Pangdam Jaya menekankan agar para unsur pimpinan jajaran Kodam Jaya dapat mengintrospeksi terhadap pelaksanaan tugas selama tahun 2015. “Segala kemajuan dan prestasi yang telah diraih, hendaknya dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan, sementara kekurangan yang ada harus diperbaiki pada tahun 2016 ini” Terang Pangdam Jaya.

Rapim Kodam Jaya/Jayakarta tahun 2016, mengedepankan tema “Meningkatkan loyalitas, moralitas dan integritas guna mewujudkan Kodam Jaya yang kuat, hebat, profesional dan dicintai rakyat“. Tema ini diharapkan mampu menjadi pendorong para peserta Rapim untuk semakin memantapkan keberhasilan tugas satuan dan kemajuan Kodam Jaya/Jayakarta pada Tahun Anggaran 2016.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah dalam kegiatan ini adalah agar terwujudnya pemahaman unsur pimpinan Kodam Jaya dalam menjabarkan kebijakan Pimpinan TNI AD dan TNI yang sejalan dengan program Pemerintah, kemudian terwujudnya kesamaan persepsi dalam melaksanakan Program Kerja dan Anggaran TA 2016 sehingga tercapai peningkatan pelaksanaan program kerja dan anggaran TA 2016 secara maksimal, tertib administrasi dan akuntabel serta terwujudnya kesamaan misi dan soliditas unsur pimpinan Kodam Jaya dalam pelaksanaan pembinaan kekuatan kemampuan satuan untuk meningkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan satuan guna mencapai keberhasilan pelaksanaan tugas pokok.

Pelaksanaan tugas pokok Kodam Jaya tidak terlepas dari Visi Pemerintahan Presiden RI Ir. Joko Widodo-Jusuf Kalla yaitu “Terwujudnya Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”. Dalam mewujudkan Visi Pemerintah tersebut, selanjutnya dijabarkan dalam 7 Misi dan 9 Prioritas Program Nawacita yang tertuang dalam RPJMN tahun 2015-2019, termasuk di dalamnya kebijakan pemerintah di bidang pertahanan yang menjadi Program Prioritas untuk TNI yaitu, peningkatan kesejahteraan prajurit, pemeliharaan dan perawatan Alutsista/non Alutsista, kesiapan operasional satuan, pendidikan dan latihan dalam rangka terwujudnya profesionalisme prajurit serta pengamanan perbatasan negara dan pulau terluar.

Dari lima kebijakan Pemerintah di bidang pertahanan, empat menjadi prioritas Kodam Jaya ditambah dengan tugas pengamanan Ibu Kota Jakarta yang memiliki kekhususan, karena Kodam Jaya tidak memiliki pulau terdepan yang berbatasan langsung dengan Negara lain.

Lebih lanjut sesuai dengan Kebijakan Pemerintah di bidang pertahanan dan Kebijakan Panglima TNI serta kebijakan pembinaan kekuatan TNI AD, maka pengelolaan wilayah perlu kita sinergikan antara program pemerintah dengan program dan kegiatan yang kita rencanakan dengan melanjutkan program serbuan teritorial melalui pendekatan keamanan dan kesejahteraan masyarakat, sekaligus membangun sinergitas dengan masyarakat dan lingkungan di sekitar kita.

Demikian pula halnya, untuk mendukung kebijakan organisasi seperti peningkatan kesejahteraan prajurit, PNS dan keluarganya yang dikelola melalui aspek pelayanan kesehatan, perumahan dan pendidikan, kesemuanya tentunya untuk menguatkan kepercayaan diri prajurit dan satuan serta meningkatkan profesionalisme prajurit terhadap pelaksanaan tugas di lapangan.

“Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini, mari kita manfaatkan forum Rapim dengan melaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan program dan kegiatan selamatahun 2015, sehingga dapat diperbaiki dan dilaksanakan pada program kegiatan tahun 2016 guna meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kita bagi pembangunan Kodam Jaya/Jayakarta yang semakin sukses di masa yang akan datang. Ikuti Rapim Kodam Jaya dengan serius, semangat dan fokus serta penuh kebanggaan. Peran aktif peserta sangat menentukan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Rapim, serta berikan masukan dan pemikiran yang kreatif juga konstruktif dalam menentukan kebijakan maupun dalam implementasi pelaksanaan tugas di waktu mendatang” Tegas Pangdam Jaya.

Pangdam Jaya pun berharap kepada para Pimpinan Satuan yang merupakan pelaksana kunci, agar mampu melaksanakan tugas yang diemban dengan sebaik-baiknya. Kiranya Rapim Kodam Jaya/Jayakarta Tahun 2016 berikut hasil-hasilnya, dapat ditindaklanjuti oleh para Pimpinan Satuan demi tercapainya pelaksanaan tugas pokok Kodam Jaya dimasa yang akan datang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel