Satgas Pamtas

Penyuluhan P3K, Satgas Yonif MR 411 Tingkatkan Kesadaran dan Wawasan Anak Perbatasan

Dibaca: 4 Oleh 12 Des 2019Tidak ada komentar
Penyuluhan P3K, Satgas Yonif MR 411 Tingkatkan Kesadaran dan Wawasan Anak Perbatasan
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

 

Jakarta, tniad.mil.id,- Penyuluhan P3K (Pertolongan Pertama pada Kecelakaan) yang diberikan Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad kepada siswa-siswi SD YPK Toray bertujuan untuk meningkatkan wawasan serta kesadaran anak perbatasan akan pentingnya tindakan yang cepat dan tepat saat menghadapi beragam kecelakaan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (12/12/2019).

Diungkapkan Dansatgas, penyuluhan pada Rabu (11/12/2019) oleh tiga orang Tim Kesehatan dipimpin Letda Inf Wesly Tanaem selaku Danpos Toray tersebut, guna mengisi waktu luang siswa-siswi setelah usai melaksanakan UTS beberapa hari lalu.

“Kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai edukasi agar siswa SD YPK Toray mendapat ilmu pengetahuan dan memahami bagaimana tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan,” ungkap Rizky.

“Adapun materi yang diberikan diantaranya penanganan patah tulang kaki atau tangan dan digigit ular,” sambungnya.

Menurut Rizky, Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) merupakan tindakan pertama yang harus diberikan kepada korban yang mengalami kecelakaan.

Baca juga:  Lomba Tembak Piala Kasad Wadah Lahirnya Jago Tembak TNI AD

Dalam hal ini P3K yang dimaksud yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan pertama yang lengkap dari dokter atau petugas kesehatan lainnya.

“Diharapkan kegiatan penyuluhan P3K yang diberikan kepada para siswa ini selain bersifat pengenalan juga menjadi ilmu pengetahuan yang mudah-mudahan dapat bermanfaat,” ucap Rizky.

Sementara itu, Letda Inf Wesly mengatakan bahwa kami berikan penyuluhan mengenai P3K ini sebagai edukasi dan mengenalkan bagaimana tindakan yang harus dilakukan kepada korban kecelakaan sebelum selanjutnya ditangani oleh tim medis.

“Hal ini kami lakukan untuk memanfaatkan waktu luang siswa yang telah melaksanakan UTS dan mereka pun terlihat ceria dan antusias mengikuti tahap demi tahap materi yang di ajarkan oleh anggota pos,” ujarnya.

Kepala SD YPK Toray, Sarce Retraubun, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad karena telah mengadakan penyuluhan mengenai P3K untuk anak-anak di sekolahnya.

“Terima kasih banyak bapak-bapak TNI dari Pos Toray atas kepeduliaannya kepada siswa-siswi kami melalui edukasi yang bermanfaat ini,” tuturnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel