Kodam XVIII/Kasuari

Personel Satuan BKO Kodim Persiapan Kodam XVIII/Kasuari Gelombang III Mulai Tiba

Dibaca: 74 Oleh 29 Jun 2020Tidak ada komentar
Personel Satuan BKO Kodim Persiapan Kodam XVIII/Kasuari Gelombang III Mulai Tiba
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA –tniad.mil.id – Sebanyak 167 prajurit Satuan BKO Kodim persiapan yang bertugas di Kodam XVIII/Kasuari mulai bedatangan untuk memperkuat satuan-satuan komando kewilayahan yang berada di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Hal tersebut disampaikan Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri dalam keterangan tertulisnya di Manokwari, Papua Barat, Senin (29/6/2020).

Dikatakannya, dengan berakhirnya masa penugasan para prajurit yang tergabung dalam Satuan Bawah Kendali Operasi/BKO (Sat BKO) gelombang I tahun anggaran 2020 di berbagai Kodim Persiapan jajaran Kodam XVIII/Kasuari, yang dilanjutkan dengan akan dimulainya penugasan Satuan BKO Gelombang III. Para Prajurit dari seluruh Kotama jajaran TNI AD di seluruh wilayah Negara Kesatuan RI mendapat kesempatan dan kehormatan untuk bertugas di wilayah Kodam XVIII/Kasuari.

Personel Satuan BKO Kodim Persiapan Kodam XVIII/Kasuari Gelombang III Mulai Tiba

“Suatu kehormatan bagi prajurit yang terpilih untuk menjalankan tugas di wilayah Kodam XVIII/Kasuari, karena karakteristik wilayah di Papua Barat berbeda dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia, sehingga tantangan tugas di sini lebih kompleks dan butuh kemampuan andal dalam berinteraksi dengan masyarakat, maupun budaya di sini, “ ujarnya.

Baca juga:  Pangdam II/Swj : Momentum Peringatan Hari Ulang Tahun Sebagai Wahana Evaluasi dan Introspeksi

Adapun para prajurit yang tiba Kodam XVIII/Kasuari berasal dari Kodam III/Siliwangi 42 orang dipimpin Kapten Inf Damu, Kodam V/Brawijaya 62 orang dipimpin Mayor Cba Ery, Kodam VI/Mulawarman 22 dipimpin Kapten Cpl Sudarto, Kodam III/Siliwangi 19 Orang dipimpin Kapten Inf Made Darsana, dan prajurit yang berasal dari Kodam XIII/Merdeka 22 Orang dipimpin Letda Inf Iwan Ispan.

“Pada hari Sabtu (27/6/2020) sebanyak 31 orang personel dari Kodam Jaya/Jayakarta telah tiba lebih dahulu di Manokwari, Papua Barat, dibawah pimpinan Mayor Cpl Riyanto, “ imbuh Kapendam.

Sementara itu, Pabandya Bakti Sterdam XVIII/Kasuari, Letkol Inf Jhonson Pasaribu yang menyambut kedatangan rombongan para prajurit Satuan BKO Kodim persiapan jajaran Kodam XVIII/Kasuari mengatakan bahwa keseluruhan 198 orang prajurit Satuan BKO dari 6 Kotama yang telah berada di Papua Barat, langsung diarahkan ke penampungan mereka di Balai Pendidikan Latihan (Diklat) Kehutanan Provinsi Papua Barat untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikkes), pemeriksaan administrasi (Rikmin), dan pembersihan, selanjutnya menunggu kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Kodam XVIII/Kasuari, terkait dengan penugasan Satuan BKO ini.

Baca juga:  44 Putra Daerah dari 21 Suku di Pedalaman Papua Barat Selangkah Lagi Jadi Prajurit TNI AD

“Satuan BKO ini seluruhnya berjumlah 412 prajurit TNI yang berasal dari berbagai Kotama jajaran TNI AD. Mereka datang ke Manokwari, Papua Barat menggunakan transportasi udara, mulai tanggal 27 Juni hingga 2 Juli 2020 mendatang,” ujar Jhonson.

“Sebelum menuju ke tempat tugas masing-masing, mereka akan terlebih dahulu dibekali selama dua minggu dengan beberapa ilmu dan pengetahuan kemiliteran untuk kepentingan penugasan sebagai Aparat Teritorial (Apter), pengenalan budaya dan kearifan lokal Papua, maupun situasi dan kondisi sosial daerah penugasan mereka masing-masing,” tutupnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel