Berita Satuan

Piala Panglima, Kontribusi TNI untuk Peningkatan Prestasi Olahraga

Dibaca: 36 Oleh 09 Sep 2015Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Pengelolaan olahraga yang profesional akan mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa dalam percaturan internasional. Olahraga dapat menjadi media politik dan diplomasi internasional bahkan bisa menjadi icon bisnis dan industri prospektif serta secara potensial dan aktual dapat menjadi rujukan yang efektif bagi pembentukan watak kepribadian dan karakter masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo pada upacara Pembukaan Pertandingan Olahraga Piala Panglima TNI/2015 di Lapangan Olahraga Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur,  Selasa,  tanggal 8 September 2015.  Juara Umum akan  memperoleh Piala Bergilir Panglima TNI dan uang pembinaan.  Sedangkan runner up dan peringkat ketiga masing-masing cabang olahraga memperoleh piala tetap dan medali.

Hadir dalam acara pembukaan Kasad Jenderal TNI Mulyono,  Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, Kasau Marsekal TNI Agus Supriatna. Even yang berlangsung,  8 s.d 17 September ini mempertandingkan 4 cabang olahraga yaitu sepak bola putra,  bola voli putra-putri,  tenis putra-putri dan  perwira tinggi serta bulutangkis putra dan putri. Pertandingan diikuti 736 atlet dari Kemhan (Kementerian Pertahanan), Mabes TNI,  TNI AD,  TNI AL dan TNI AU mengambil tema  Semangat kompetensi yang dilandasi sportifitas dan soliditas yang tinggi untuk meraih prestasi terbaik dalam rangka mewujudkan profesionalitas  atlet Prajurit dan PNS TNI  guna mendukung tugas pokok TNI.

Event Piala Panglima TNI ini sangat penting serta strategis dalam konteks pengembangan kualitas SDM yang   sehat,    mandiri,    bertanggungjawab serta memiliki sifat kompetitif yang tinggi,  juga penting dalam pengembangan identitas, militansi,  jiwa juang,  nasionalisme,  kemandirian,  sportifitas dan prestasi bangsa,  kata Gatot Nurmantyo.

Panglima TNI juga menyampaikan,  olahraga merupakan media pendidikan dan pembinaan bahkan bisa menjadi wahana yang sangat ampuh bagi pembangunan karakter dan kepribadian bangsa apabila dikembangkan secara sistematis,  karena mengandung dimensi nilai serta perilaku positif yang multidimensional,  sekaligus juga mengukur hasil pembinaan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Angkatan, Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI.

Menurut Gatot,  event ini sebagai sumbangsih TNI dalam membantu peningkatan prestasi olahraga nasional, dengan membudayakan olahraga sebagai alat pembinaan satuan, sumber rekreasi, dan sumber prestasi,  juga untuk memajukan olahraga prestasi TNI dalam Kontek.  Olahraga Militer Internasional, serta menjadi sumber kontribusi TNI dalam membantu memajukan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional. (Sumber: HU Suara Karya)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel