Berita Satuan

Polisi Dan TNI Akur Bersinergi Amankan Pilpres

Dibaca: 29 Oleh 24 Jun 2014Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

KUDUS – Polres Kudus siap mengamankan pemungutan suara Pemilu Presiden 9 Juli 2014 dengan mengerahkan 600 personel. Jumlah tersebut masih akan ditambah dengan personel dari instansi terkait lain.

Hal itu dikatakan – Kapolres Kudus AKBP Bambang Murdoko usai apel kesiapan sarana prasarana dan personel dalam rangka pengamanan Pilpres 2014 serta latihan kontijensi Polres Kudus di Alun-alun Kudus, Sabtu (21/6) lalu. “Penambahan personel bantuan dari Kodim 0722 Kudus, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan petugas perlindungan masyarakat (Linmas),” ujar Kapolres Bambang.

Selain itu, Kapolres Bambang telah menyiapkan personel pengamanan, kesiapan armada kendaraan juga dipersiapkan. Sebelumnya, Polres setempat juga melakukan pengecekan kendaraan bermotor, yakni sepeda motor, mobil dalmas hingga mobil water cannon juga turut diperiksa. Bahkan persenjataan semua anggota juga ikut menjadi sasaran pemeriksaan.

Di lain tempat, jajaran Kodim 0718/Pati juga siap memberikan backup pengamanan kepada Polres Pati dalam pengamanan pelaksanaan Pilpres. Sebanyak 460 personil TNI akan disebar di lima eks kawedanan di Kabupaten Pati. ”Kita sebar mereka semua, untuk masing-masing kawedanan kita tempatkan setidaknya satu satuan setingkat kompi,” terang Dandim 0718 Pati Letkol Inf Heri Setiono usai rapat koordinasi pengamanan Pilpres di Pendopo Kabupaten Pati.

Dalam Pilpres kali ini, kata Dandim Heri, strategi penyebaran personil di masing-masing eks kawedanan dinilai penting untuk dilakukan. Strategi itu diterapkan agar tidak ada kebocoran maupun keterlambatan penanganan saat terjadinya konflik. ”Kalau kita sudah memiliki personil di masing-masing eks kawedanan, tentu saat terjadi permasalahan ada anggota yang dapat diterjunkan secepatnya, sehingga vatalitas permasalahan dapat diminimalisir,” imbuhnya.

Selain ditempatkan di ekskawedanan, lanjut Heri, sebanyak satu satuan setingkat peleton (SST) anggota Kodim 0718/Pati juga disiapkan sebagai cadangan. Satu SST di tempatkan di Polres dan satu SST lainnya di Markas Kodim 0718/Pati.”Ketika dibutuhkan personil pengamanan cadangan itu dapat dikerahkan sewaktu-waktu,”tegasnya. (ian/gus)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel