Skip to main content
Kodam VI/Mulawarman

Prajurit Kodam VI/MLW Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 8 Kg Sabu-Sabu

Dibaca: 20 Oleh 11 Feb 2022Tidak ada komentar
Prajurit Kodam VI/MLW Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 8 Kg Sabu-Sabu
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jakarta, tniad.mil.id – Prajurit Kodam VI/Mulawarman berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 8 kilogram yang rencananya akan dikirim ke Palu, Prov. Sulreng melalui Bandara Juwata, Tarakan, Prov. Kaltara, Jumat siang (11/2/2022).

Demikian disampaikan Kapendam VI/MLW Kol Inf Taufik Hanif dalam keterangan tertulisnya di Balikpapan.

Kapendam menjelaskan bahwa upaya penyeludupan sabu-sabu tersebut berhasil dibongkar oleh Unit Intel Kodim 0907/Tarakan yang dipimpin langsung oleh Kasdim 0907/Tarakan Mayor Inf Aan Fitriadi dan Danunit Intel Dim 1907/Tarakan Letda Inf Hobbin Sirait.

Prajurit Kodam VI/MLW Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 8 Kg Sabu-Sabu

Lebih lanjut di tuturkan Kapendam, upaya penyelundupan sabu-sabu tersebut berawal dari adanya informasi kepada Personel Unit Intel Kodim 1907/Tarakan, pada tanggal 3 Februari 2022, terkait akan adanya pengiriman narkoba jenis sabu-sabu melalui Bandara Juwata, Tarakan dengan tujuan Palu, Prov. Sulteng.

Atas informasi tersebebut, selanjutnya Personel Unit Intel Kodim 0907/Tarakan melaksanakan penyelidikan dengan cara mengecek manifest keberangkatan pesawat dengan tujuan Palu, Prov. Sulteng berinisal RI.

Kemudian personel Unit Intel Kodim 0907/Tarakan mendapat informasi bahwa Narkoba yang akan dikirim pada hari Jum’at tanggal 11 Februari sudah masuk di Bandara, setelah dicek didapati sebuah tas ransel warna hitam berada di samping mesin wrapping barang, yang kemungkinan akan dibawa oleh sdr. RI dengan menggunakan pesawat Wings Air dengan rute Tarakan-Balikpapan-Palu pukul 07.00 WITA.

Prajurit Kodam VI/MLW Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan 8 Kg Sabu-Sabu

Namun setelah dilaksanakan pemantauan ternyata Sdr. RI ini membatalkan penerbangan tersebut dan dialihkan penerbangan dengan pesawat Lion Air tujuan Tarakan-Makassar- Palu pada pukul 12.35 WITA.

Akhirnya, papar Kapendam, sebelum pesawat take off tepatnya sekitar pukul 11.30 WITA Personel Unit Intel Kodim 0907/Tarakan yang dipimpin langsung oleh Kasdim berkoordinasi dengan pihak maskapai untuk mengecek dan memeriksa tas ransel hitam yang berada di bagasi tersebut. Setelah tas ransel hitam tersebut diperiksa memang benar berisi narkoba jenis sabu-sabu seberat ± 8 kg. Selanjutnya Sdr. RI diamankan oleh personel Unit Intel Kodim 1907/Tarakan dan petugas keamanan Bandara.

Saat ini barang bukti berupa sabu-sabu 8 Bungkus (± 8 Kg), 1 tas ransel hitam, 1 tas kecil hijau, 2 unit Hp.Uang tunai sejumlah Rp. 4.191.000, serta Boarding Pass termasuk tersangka sdr. RI telah diserahkan kepada Polres Tarakan dan BNN Kota Tarakan untuk diproses. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan