Skip to main content
Kodam XVII/Cenderawasih

Rombongan Pangdam XVII/Cenderawasih Dan Bupati Nduga Borong Dagangan Mama Papua di Kenyam

Dibaca: 62 Oleh 27 Sep 2022Tidak ada komentar
Rombongan Pangdam XVII/Cenderawasih Dan Bupati Nduga Borong Dagangan Mama Papua di Kenyam
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Ada hal unik yang terlihat saat kunjungan kerja Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa ke Distrik Kenyam, Kab. Nduga pada hari ini, Senin (26/9/2022). Terlihat rombongan Pangdam XVII/Cenderawasih dan Bupati Nduga mendatangi Pasar Rakyat yang terletak tidak jauh dari Bandara Kenyam.

Dalam keterangan tertulis Penerangan Korem 172/PWY, Selasa (27/9/2022), di pasar tersebut Pangdam tak segan bercengkrama dengan mama Papua yang sedang menjajakan dagangannya dan membeli sayur-sayuran serta buah-buahan dari setiap mama-mama Papua yang berjualan. Sayur-sayuran dan buah-buahan yang telah dibeli lantas diberikan kepada anggota Satgas TNI-Polri dan masyarakat.

Salah satu mama penjual di pasar tersebut, Naida (50), menyampaikan terkejut dengan kedatangan Pangdam dan Bupati Nduga yang langsung membeli jualan para mama-mama.

“Kami kaget dan senang dengan kehadiran bapak Pangdam dan bapak Bupati. Semua mama-mama yang ada di sini juga senang karena dagangannya dibeli dan diborong oleh Bapak Pangdam dan Bapak Bupati beserta rombongan. Terima kasih, ini sungguh berkat bagi kami,” ujar Naida.

Untuk diketahui bahwa kunjungan kerja Pangdam XVII/Cenderawasih yang didampingi oleh Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring ke salah satu wilayah Korem 172/PWY yaitu Distrik Kenyam, Kab. Nduga merupakan pertama kalinya sejak pihaknya menjabat kurang lebih 1 bulan. Agenda utama kegiatan Pangdam selama berada di Distrik Kenyam yaitu menyerahkan secara simbolis hasil pengerjaan Operasi Teritorial (Opster) TNI TA 2022 Korem 172/PWY kepada masyarakat.

Penyerahan hasil pengerjaan Opster dilakukan di Halaman Koramil 1715-07/Kenyam oleh Pangdam XVII/Cenderawasih bersama dengan Pj. Bupati Nduga Namia Gwijangge S.Pd, M.Si dan Danrem 172/PWY kepada masyarakat yang menjadi sasaran pembangunan fisik Opster kali ini yaitu Pembangunan Kios Mama-mama Papua dan Perehaban Gereja GKII Jemaat Geliad Kenyam.

“Saya mengucapkan terimakasih atas penyambutan dari seluruh masyarakat Kabupaten Nduga. Suatu kehormatan karena masyarakat sangat antusias menyambut kunjungan kerja pertama kami ini. Kita semua harus yakini bahwa tanah Kabupaten Nduga adalah tanah baik yang telah diciptakan oleh Tuhan YME,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih saat menyerahkan secara simbolis hasil Opster TNI.

“Kami mendukung Nduga lebih maju dan sejahtera. Kita harus saling tolong menolong dan berbuat baik. Karena semua kejahatan akan terkalahkan oleh kebaikan. Kami juga yakin banyak kendala ketika ada keinginan untuk memajukan daerah, akan tetapi dengan semangat gotong-royong dari seluruh masyarakat pasti semua akan tercapai. Kami berharap daerah Kabupaten Nduga menjadi lebih maju kedepannya. Kami akan mendukung terus Bapak Bupati yang sudah banyak berbuat yang terbaik bagi daerah ini,” tegas Pangdam.

Di tempat yang sama Bupati Namia Gwijangge, S.Pd., M.Si menyampaikan selamat datang kepada Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih, sekaligus mengucapkan terimakasih atas bantuan dalam bidang ekonomi dan keagamaan, karena melakukan renovasi Gereja GKII Jemaat Geliad Kenyam yang beberapa waktu lalu sebagian atap rusak kemudian sudah direnovasi dan memberi beberapa kios kepada masyarakat untuk membuka usaha.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kios yang ada tersebut dengan baik dan kami yakin apabila semua usaha dilakukan dengan konsisten maka akan lebih maju. Dua bulan lalu kami telah memberikan bantuan dana kepada pelaku usaha kemudian kedepannya setelah ada dana Otsus akan kami bagikan ke pelaku usaha yang mendapatkan bantuan kios dari Bapak Pangdam melalui Opster TNI Korem 172/PWY,” ujarnya.

“Kami juga melihat usaha dari Bapak Pangdam di Jayapura sangat baik. Kami berharap kedepannya seluruh komponen Pemda Kab. Nduga dan Aparat Keamanan TNI/Polri dapat memajukan Kabupaten Nduga dalam bidang ekonomi, keagamaan, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Seperti halnya program seperti ini sangat bagus untuk masyarakat dalam membangun perekonomian di wilayah Kabupaten Nduga,” tutup Bupati.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring menuturkan bahwa kegiatan Opster TNI di Distrik Kenyam, Kab. Nduga ini sebagai bentuk dukungan TNI kepada Pemerintah Daerah dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah khususnya di Tanah Papua.

“Apa yang telah kami bangun di Distrik Kenyam ini sesuai dengan permintaan dari Bapak Bupati yaitu membantu pembangunan di daerahnya. Yang kita wujudkan melalui program Opster TNI, tentunya pembangunan ini tidak sampai di sini saja, namun akan terus berlanjut, karena kami telah berkomitmen bersama pemerintah Nduga untuk bersama-sama membangun daerah ini menjadi maju seperti daerah lainnya,” jelas Danrem.

Sementara itu salah satu Bidan Puskesmas Kenyam, Wono Gwijangge menyampaikan rasa senang dan bangga dengan adanya program TNI melalui Kodam XVII/Cenderawasih dan Korem 172/PWY yang langsung menyentuh hati masyarakat Papua.

“Kedepan kami berharap agar Bapak Pangdam juga memperhatikan terkait sarana dan prasarana kesehatan di Distrik Kenyam dan Kab. Nduga dan ikut membantu menjaga keamanan bagi tenaga kesehatan yang ada di sini,” pintanya.

Hal senada turut disampaikan oleh Pendeta Gereja GPDI Kenyam, Isak Murib, S.Th., yang menginginkan agar aparat Keamanan TNI-Polri membantu segala kesulitan masyarakat Kabupaten Nduga.

“Termasuk dalam bekerjasama membangun daerah ini menjadi lebih baik. Semua hal baik yang kita lakukan akan mendapatkan berkat dari Tuhan Yang Maha Esa,” pungkasnya.

Setelah menyerahkan hasil pengerjaan sekaligus menutup Opster TNI TA 2022 Korem 172/PWY tersebut, Pangdam beserta rombongan meninjau langsung sasaran fisik Opster dan mengecek bangunan Kodim Persiapan Nduga. Selanjutnya memberikan pengarahan kepada Satgas Satuan Organik Korem 172/PWY Yonif R 514/SY yang bertugas di wilayah Kab. Nduga. (Dispenad)

Kirim Tanggapan