Skip to main content
Satgas Pamtas

Satgas Yonif R 142/KJ Ajarkan Anak-Anak Bersikap Hidup Bersih dan Sehat

Dibaca: 31 Oleh 22 Okt 2022Tidak ada komentar
Satgas Yonif R 142/KJ Ajarkan Anak-Anak Bersikap Hidup Bersih dan Sehat
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jakarta, tniad.mil.id – Upaya menumbuhkan sikap hidup bersih dan sehat, Satgas Yonif Radeir 142/KJ melalui Pos Kelila mengajarkan cara menggosok gigi yang baik dan benar kepada anak-anak Distrik Kelila, Kab. Mamberamo Tengah, Papua Pegunungan Tengah, Jumat (21/10/2022).

Dalam keterangan tertulis Penerangan Satgas, Danpos Kelila Lettu Inf Sahita Gurusinga menyampaikan, kegiatan ini selain bentuk kepedulian juga untuk membiasakan anak-anak bersikap hidup sehat.

“Anak-anak senang, apa lagi setelah personel kita mempraktekannya mulai dari cara pegang kemudian meletakkan pasta gigi hingga menyikat gigi,” ujarnya.

Anak-anak juga di ajarkan supaya menyikat gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar selama 20 detik setiap bagian. Gosok gigi dengan perlahan karena dikhawatirkan kalau cepat akan terkena gusi, nanti gusi bakal bengkak, karena kalau lambat, hasil lebih bersih akan didapatkan secara efektif kemudian berkumur secukupnya dengan air bersih untuk membersihkan gigi.

“Hendaknya gigi dibersihkan minimal 2 x sehari, yaitu pada saat bangun atau mandi pagi dan mandi sore, lebih baik sebelum tidur agar menggosok gigi,” imbuhnya.

Baca juga:  Ikut Apel Gelar Pasukan, Yonif 765/WMS Siap Jaga Situasi Kondusif Kabupaten Jayawijaya

Setelah dipraktekkan oleh personel TNI, lanjutnya, setiap anak mempraktekkan masing-masing, mereka diberikan setiap anak 1 sikat gigi, dengan riang gembira mereka melaksanakan gosok gigi.

“Setelah kita tanya, anak-anak kebanyakan belum memiliki kesadaran menjaga dan merawat giginya, kegiatan yang kita lakukan ini agar menjadikan rutinitas anak-anak setiap hari untuk menggosok serta dapat merawat gigi secara maksimal, sehingga gigi tampak sehat, kuat tanpa takut bau mulut serta gigi berlubang,” jelasnya.

Jefferson (8) yang merupakan salah satu anak kampung kelila mengaku senang dan gembira diajari tata cara menggosok gigi.

“Terima kasih om tentara Jefferson sudah bisa gosok gigi dengan baik, senang kita om,” ucapnya. (Dispenad).

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel