Satgas Pamtas

Satgas Yonif 200 Bangun MCK Gereja dan Rumah Adat Dayak Kenyah

Dibaca: 20 Oleh 08 Jun 2020Tidak ada komentar
Satgas Yonif 200 Bangun MCK Gereja dan Rumah Adat Dayak Kenyah
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id, – Agar masyarakat dalam melaksanakan aktivitasnya dengan lancar dan nyaman, Satgas Yonif R 200/BN membangun fasilitas mandi, cuci, dan kakus (MCK) gereja dan rumah adat di wilayah perbatasan RI-Malaysia.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-MLY Yonif R 200/BN, Mayor Inf Andy Irawan, SH dalam rilis tertulisnya di Long Bagun, Kalimantan Timur, Jumat (5/6/2020).

Dikatakannya, pembangunan MCK yang terdiri dari 1 kamar mandi dan 5 WC ini dimulai pada Rabu (3/6/2020), dengan diawali penancapan tiang bangunan secara bersama-sama dengan tokoh masyarakat Dayak Kenyah Desa Batu Majang di Kecamatan Long Bagun.

“Lokasinya berada di antara Gereja Katolik Santa Veronika  dan Rumah Adat Desa Batu Majang,  dimana penentuan lokasi itu merupakan hasil musyawarah petinggi dan  tokoh adat masyarakat Dayak Kenyah di desa tersebut,” kata Andy.

Satgas Yonif 200 Bangun MCK Gereja dan Rumah Adat Dayak Kenyah

 

“Dengan pertimbangan, selain mendukung agar aktivitas di dua tempat tersebut berjalan dengan lancar dan nyaman, juga mendukung aktivitas MCK warga yang tinggal di sekitarnya,” lanjutnya.

Selain itu dengan keberadaan fasilitas MCK tersebut, diharapkan masyarakat di sekitarnya bisa hidup lebih sehat dan terhindar dari penyakit, sehingga menunjang upaya meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat.

Baca juga:  6 Jam Susuri Sungai Sekayam, Satgas Yonif R 641 Evakuasi Lansia Stroke

“Sebagian masyarakat masih melakukan aktivitas MCK di sungai, tentu berdampak pada lingkungan dan masyarakat akan lebih mudah terserang berbagai penyakit,” jelasnya.

Dalam acara penancapan tiang bangunan MCK itu juga dibagikan kitab suci kepada tokoh agama Katolik, Protestan, dan Islam di Desa Batu Majang, sebagai upaya menjaga kerukunan umat beragama serta meningkatkan persatuan antar warga.

Satgas Yonif 200 Bangun MCK Gereja dan Rumah Adat Dayak Kenyah

 

“Semoga apa yang kita perbuat ini, dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat Desa Batu Majang, serta meningkatkan tali persaudaraan antara Satgas dengan warga dan antar warga itu sendiri,” harapnya.

Sementara itu, Balan Tingai (56) selaku Kepala Adat Dayak Kenyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepedulian Satgas Yonif R 200/BN kepada masyarakat Desa Batu Majang melalui pembangunan MCK dan pembagian kitab suci tersebut. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel