Skip to main content
Satgas Pamtas

Satgas Yonif R 321/GT Bantu Penerangan 30 Warga Distrik Yigi

Dibaca: 23 Oleh 18 Sep 2022Tidak ada komentar
Auto Draft
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Jakarta, tniad.mil.id – Dalam mengatasi kesulitan rakyat di pedalaman Papua yang syarat dengan kurangnya fasilitas listrik untuk penerangan menjadi salah satu bentuk perhatian nyata TNI AD yang dituangkan oleh Pos Yigi Satgas Satuan Organik Yonif R 321/GT Distrik Yigi , Kabupaten Nduga, Papua. Minggu (18/9/2022).

Mayor Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., Dansatgas Satuan Organik Yonif R 321/GT mengatakan bahwa pemasangan instalasi listrik ini adalah sebagai upaya bagi satgas untuk memberikan penerangan kepada warga binaan.

“Kami juga akan selalu membantu perawatan instalasi ini, karena masyarakat belum ada yang mempunyai kemampuan memperbaiki kalau sewaktu-waktu terjadi kerusakan,” pungkas Dansatgas.

Dengan mengimplementasikan Delapan Wajib TNI, Saptamarga dan menjalankan Perintah Harian Kasad dengan hadir ditengah – tengah kesulitan masyarakat, dan memberikan bentuk solusi di masyarakat, begitu menginspirasi Danpos Yigi untuk memberikan solusi terbaik bagi bagi masyarakat Yigi yang terdiri dari 30 orang warga tersebut.

Danpos Yigi Lettu Inf Lukman Nurhuda, S.T.Han. menyampaikan bahwa Pos mengalirkan listrik ke kampung yang sementara ini ditenagai mesin Genset yang berada di Pos untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi warga di sekitar Pos Yigi yang saat ini hanya bisa menjangkau dua rumah yang diisi oleh kurang lebih 4 kepala keluarga dan satu honai.

Baca juga:  Peduli Kesehatan Warga Desa Tima, Satgas Yonif Mekanis 203/AK Gelar Pelayanan Kesehatan

“Seperti diketahui, saudara kita di Distrik Yigi masih belum tersentuh oleh listrik PLN, dalam kesehariannya masyarakat menggunakan solar cell atau genset untuk setidaknya memberikan penerangan pada malam hari. Hanya beberapa rumah yang memiliki panel solar cell kecil dan satu genset untuk sekampung. Hal ini sudah cukup untuk memberikan penerangan malam hari bagi kampung tersebut,” Ucap Danpos Yigi.

Disamping itu juga Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pembangunan kembali Distrik Yigi yang sudah lama ditinggalkan oleh warga,” Tambahnya.

Selain itu Satgas Satuan Organik 321/GT telah menyiapkan prajurit yang mahir dalam bidang kelistrikan untuk melaksanakan pengecekan instalasi listrik ke beberapa rumah warga dan memperbaiki kerusakan yang terjadi diantaranya kerusakan pada solar cell, genset, dan accu yang menjadi satu-satunya sumber daya listrik di kampung tersebut. Kabel listrik yang menyambung ke rumah-rumah pun dirapihkan oleh prajurit karena hal itu dapat menjadi penyebab korsleting listrik.

“Warga cukup senang dan ikut turut serta membantu pengerjaan tersebut. Tidak lupa faktor keamanan diutamakan dalam proses pemasangan instalasi listrik ini,” ujar Danpos Yigi.

Baca juga:  Satgas Yonif 725/Woroagi Kenalkan Teknologi Informasi Kepada Anak-Anak Perbatasan

Selesai pemasangan instalasi Listrik, Bapak Lendinus Kogoya (22) mengucapkan terimakasih kepada personil Satgas Satuan Organik Yonif R 321/GT Pos Yigi yang telah memasangkan instalasi listrik di tempat tinggal masyarakat Yigi.

“Terimakasih Bapak TNI Pos Yigi sudah membatu kami memasang lampu penerangan, Kami merasa senang, Masyarakat sudah tidak kesulitan lagi saat malam hari, semoga Tuhan yang balas Kebaikan Bapak TNI,” Ucap Lendinus Kogoya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel