Berita Satuan

Satgas Yonif 406/CK Tanam Sayuran di Lahan Kosong

Dibaca: 3 Oleh 15 Jan 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

(Puspen TNI. Jumat, 15 Januari 2016). Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonif 406/CK dibawah pimpinan Letkol Inf Aswin Kartawijaya sekalu Dansatgas, Selain melaksanakan pengamanan di perbatasan RI-PNG juga berkebun menanam berbagai macam sayuran di lahan sekitar Pos di Keerom, Papua, Kamis (14/1/2016).

Menurut Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya pada saat turut serta menanam bibit tanaman dan sayuran menyampaikan bahwa bibit jagung, terong, kacang, buncis dan sayuran lainnya dibawa dari Jawa Tengah. Selain untuk memanfaatkan lahan kosong yang berada di sekitar pos, bermanfaat juga untuk logistik pos itu sendiri, terutama untuk pos-pos udara bila ada keterlambatan pendorongan logistik.

“Masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG belum maksimal dalam memanfaatkan lahan tanah yang ada di sekitar pos,  karena keterbatasan pengetahuannya dalam bercocok tanam, maka para Prajurit TNI yang berada di pos mengajak dan mengajarkan untuk berkebun bersama. Tanah yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, bila kita tanami maka akan tumbuh subur,” ujar Letkol Inf Aswin Kartawijaya.

Lebih lanjut disampaikan Dansatgas bahwa, kegiatan bertanam ini selaras dengan kebijakan Presiden RI Joko Widodo di bidang ketahanan pangan agar Indonesia menjadi negara mandiri dalam sektor pangan. Dimana Indonesia merupakan negara yang kaya dan memiliki tanah yang subur. Dengan tanah yang subur tersebut, maka banyak tanaman dan sayuran yang tumbuh subur di Indonesia.

Sementara itu, menurut salah satu warga sekitar Bapak Mathius watae Tokoh masyarakat Kampung Yuruf sangat berterimakasih kepada Prajurit Satgas Yonif 406/CK, karena telah mengajak dan mengajarkan kepada kami cara yang baik untuk bercocok tanam.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel