Satgas Pamtas

Satgas Yonif 413 Kostrad Kenalkan Cara Pembidaian Kepada Siswa SMA Negeri 6 Skouw

Dibaca: 30 Oleh 30 Sep 2020Tidak ada komentar
Satgas Yonif 413 Kostrad Kenalkan Cara Pembidaian Kepada Siswa SMA Negeri 6 Skouw
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Selain memberikan materi umum pelajaran sekolah, Pos Ramil Tami Satgas Yonif Mekanis Raider 413/Bremoro Kostrad juga memperkenalkan cara pembidaian kepada Siswa SMAN 6 Skouw Distrik Muara Tami.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 413/Bremoro Kostrad Mayor Inf Anggun Wuriyanto S.H., M.Han, dalam keterangan tertulisnya di Distrik Muara Tami Kota Jayapura, Rabu (30/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan yang dilakukan oleh Pos Ramil Tami pada Selasa (29/9/2020) tersebut merupakan kelanjutan dari perbantuan personel Satgas sebagai tenaga pendidik di SMA Negeri 6 Skouw.

“Kegiatan ini masih dalam rangkaian perbantuan tenaga pendidik dari anggota Satgas khususnya dalam memberikan materi di bidang Kesehatan,” ujarnya.

Materi ini lanjut Anggun, penting diajarkan kepada para siswa agar dapat memberikan pertolongan pertama pada korban yang mengalami trauma cedera patah tulang dengan melakukan pembidaian.

Satgas Yonif 413 Kostrad Kenalkan Cara Pembidaian Kepada Siswa SMA Negeri 6 Skouw

“Pembidaian merupakan pertolongan pertama yang bisa diberikan kepada orang yang mengalami cedera, dan kita berikan materi ini agar suatu saat jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang, mereka tidak cepat panik namun ada langkah yang bisa dilakukan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam kehidupan sehari-hari maupun kegiatan yang berkaitan dengan ekstrakurikuler seperti kepalangmerahan, pecinta alam, kepramukaan, maupun kegiatan olahraga selalu berkaitan dengan risiko cedera berhubungan dengan tulang atau sendi.

“Kondisi tersebut perlu mendapatkan pertolongan pertama secara cepat dan tepat agar proses penyembuhan dapat berlangsung dengan baik, terutama sebelum dibawa menuju ke fasilitas kesehatan,” terangnya.

Anggun juga mengungkapkan, kegiatan tersebut hendaknya dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan melakukan pertolongan pertama yang dapat dilakukan oleh para siswa sebagai tindakan nyata membantu situasi darurat di rumah atau lingkungan sekolah.

Satgas Yonif 413 Kostrad Kenalkan Cara Pembidaian Kepada Siswa SMA Negeri 6 Skouw

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada siswa sebagai bekal dasar dalam pertolongan pertama dan dapat menularkan ilmunya kepada teman sebayanya,” tandasnya.

Di tempat terpisah, salah seorang tenaga pendidik di SMA Negeri Skouw, Edison Paulus Takayeitouw S.Pd, mengucapkan terima kasih atas materi yang diberikan oleh Satgas Kostrad kepada siswa-siswinya.

“Pelajaran seperti ini sangat penting dan berguna diajarkan, agar mereka juga miliki pengetahuan dan cara memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan bantuan,” tuturnya.

“Semoga dengan materi yang diberikan ini dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi siswa apabila ada yang berminat menjadi tenaga medis,” harap Edison bangga. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel