Berita Satuan

Satgas Yonif R-641 Jaga Cagar Budaya Pembersihan Kampung Adat Dayak Bidayuh

Dibaca: 15 Oleh 25 Jul 2020Tidak ada komentar
Satgas Yonif R-641 Jaga Cagar Budaya Pembersihan Kampung Adat Dayak Bidayuh
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA – tniad.mil.id – Satgas Pamtas Yonif R-641/Bru menjaga cagar budaya Suku Dayak Bidayuh dengan pembersihan Kampung Adat Bung Kapuak di ujung Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 641/Bru Letkol Inf Kukuh Suharwiyono dalam keterangan tertulisnya di Entikong, Kalimantan Barat, Jumat (24/7/2020).

Dijelaskan Kukuh, Jagoi Babang merupakan suatu wilayah yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia dan terletak di wilayah administratif Kabupaten Bengkayang.

“Daerah ini mayoritas dihuni oleh Suku Dayak Bidayuh dan memiliki sebuah Kampung Adat Bung Kapuak yang dijadikan destinasi wisata, baik bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri saat digelar gawai,” ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan Kukuh, menurut sejarah, Kampung Adat Bung Kapuak merupakan perkampungan pertama suku Dayak Bidayuh. Perkampungan ini digunakan untuk menggelar ritual-ritual adat, seperti Gawia Sowa, yang merupakan bentuk permohonan dan rasa syukur kepada leluhur atas limpahan rejeki yang diberikan.

“Biasanya saat ritual Gawia Sowa ini seluruh mayarakat Dayak Bidayuh, termasuk Dayak Bidayuh dari Malaysia, hadir untuk mempersembahkan rasa syukur, ” tuturnya.

Untuk menjaga kelestarian dan terjaganya kampung adat Bung Kapuak dari kerusakan, imbuh Kukuh, Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru dipimpin oleh Perwira Topografi, Lettu Ctp Rahmat dan beberapa anggota Satgas beserta warga, Karang Taruna dan Bhabinkamtibmas Polsek Jagoi Babang melaksanakan karya bakti pembersihan kampung adat Bung Kapuak.

Kukuh mengingatkan bahwa pemerintah telah memberikan wujud perhatian kepada Bung Kapuak dengan merenovasi bangunan tersebut, sehingga pada tahun 2019 Kampung Adat Bung Kapuak berhasil mendapat penghargaan Anugerah Pesona sebagai Kampung Adat Terpopuler di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Untuk itu, kita wajib ikut memiliki Kampung Adat Bung Kapuak ini. Hal ini harus kita buktikan dengan menjaga dan membersihkannya agar sejarah dan budaya peninggalan nenek moyang kita tetap terjaga,” tegas Kukuh.

Satgas Yonif R-641 Jaga Cagar Budaya Pembersihan Kampung Adat Dayak Bidayuh

Kepala Desa Jagoi Babang Dedeng S.Pd., menyampaikan terima kasih dan bangga kepada Satgas Yonif R-641/Bru karena selama bertugas di perbatasan, khususnya daerah Jagoi Babang, anggota Satgas Yonif Raider 641/Bru memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat, baik di bidang sosial maupun teritorial. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel