Kodam V/Brawijaya

Siapkan Brigadier Alsintan Guna Tingkatkan Produksi Ketahanan Pangan

Dibaca: 52 Oleh 22 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Lamongan- Kementerian Pertanian memberikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada Kodim 0812 Lamongan atas jasanya mendukung program pertanian dalam meningkatkan swasembada pangan. Seluruh alsintan ini nantinya dalam operasional di bawah kendali Kodim 0812 Lamongan guna untuk mewujudkan percepatan tanam dan meningkatkan produksi ketahanan pangan di Wilayah Kabupaten Lamongan.

Kodim 0812 Lamongan sudah mensosialisasikan Alsintan kepada para warga masyarakat dan Gapoktan serta seluruh Babinsa Kodim 0812 Lamongan agar bisa dan tahu terkait cara penggunaan ataupun pengoprasionalkan seluruh Alsintan. Sedangkan Alsintan yang saat ini bisa di gunakan seluruh warga masyarakat dan Gapoktan di Lamongan yang ada di Kodim Lamongan di Antaranya, lima unit Transplanter, Sepuluh unit pompa air, satu unit Escavator,Lima Unit Handtraktor Roda Dua dan Satu Unit Traktor Roda Empat. Adapun terkait pembiayaan hanya mengganti biaya pemeliharaan saja dan di pergunakan untuk pembelian atau Perbaikan alat mesin pertanian (Alsintan) itu sendiri.Kamis (21/01)

Saat ini sedang dilakukan pendataan mengenai spesivikasi mesin, “Secara spesifik, grafik produktifitas padi ,jagung dan kedelai mengalami peningkatan dari tahun lalu, tetapi bukan berarti tanpa kekurangan, masih harus ada koreksi dari penggunaan alsintan di lapangan. ” Ujar Dandim Lamongan, Letkol Inf Jemz Andre.R.E,S.Sos

Keberadaan Alsintan di Kodim 0812 Lamongan untuk membantu program Pemerintah untuk mewujudkan Swasembada pangan khusunya petani di wilayah Lamongan dalam peningkatan target produktivitas swasembada pangan Nasional (PAJALE). Selain itu, juga untuk percepatan tanam serempak, yang dalam pengoperasionalkannya sepenuhnya dikendalikan oleh Kodim.

Adapun tanggapan dari Kadistan Lamongan (Bpk Aris) sangat baik dan akan membantu di dalam mengalokasikan dengan mengsinergikan kepada kelompok yang sudah ada dari dinas pertanian dan untuk pengajuan peminjaman alsintan yang ada bisa melalui danramil atau KUPT dari pengajuan bisa dibagi ke kecamatan atau bisa juga di fullkan di kecamatan tersebut yang membutuhkan dan masalah pembiayaan bisa di koordinasikan guna pemelharaan Alsintan mungkin buat pembelian ondersil dan lain-lain.”ungkap Kadistan

“Kita akan bekerjasama dengan Gapoktan dan Poktan yang ada di daerah, sehingga akan tercipta sinergitas antara petani dan TNI dan pelaksanaan Program Pembinaan Teritorial (Binter) dapat berjalan dengan baik,” tandasnya.(Penrem 082/CPYJ)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel