Kodam V/Brawijaya

Sosialisasi Penggunaan Alsintan Kepada Para Petani

Dibaca: 43 Oleh 19 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

KEDIRI- Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi pertanian juga mengikuti arus perubahan dari waktu ke waktu, seperti halnya yang dilakukan Koramil 17/Purwoasri dalam menyeimbangankan antara tekonologi dengan perubahan jaman. Beberapa waktu yang lalu 5 unit transplanter telah dihibahkan oleh Pemerintah Pusat kepada Kodim 0809/Kediri, salah satunya dikendalikan oleh Koramil Purwoasri.

Lahan pertanian seluas sekitar 2 hektar yang berlokasi di Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri, menjadi target sosialisasi alsintan berteknologi 100% karya anak bangsa ini. Mesin transplanter ini sendiri, sekaligus memberikan ruang gerak yang bebas kepada petani ,untuk menggunakannya sewaktu-waktu tanpa risau memikirkan segala hal yang berbau akomodasi.

“Transplanter ini patut dibanggakan ,selain mempercepat tanam padi, alat ini merupakan karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Dalam 1 bulan ini Koramil Purwoasri sudah menyiapkan jadwal khusus untuk mempergunakan transplanter ini dari desa ke desa se Kecamatan Purwoasri” kata Danramil Purwoasri Kapten Inf M.Yunus, Selasa 19 Januari 2016.

Kalau sehari-hari 1 hektar lahan pertanian butuh 8 orang sekaligus dengan waktu kurang lebih 6 sampai 8 jam bisa dituntaskan, tetapi tidak untuk alat pertanian yang satu ini, cukup 1 orang saja dalam tempo 1 jam sudah tuntas. Selain mempersingkat waktu, transplanter ini mampu mengukur jarak tanam padi secara tepat ,tanpa harus bersusah payah lagi.

“Saya sendiri secara pribadi dan atasnama kelompok tani Margo Rukun, merasa terbantu oleh adanya transplanter yang dimiliki Koramil (Purwoasri), dulunya kita masih berpikir faktor non teknis, saat ini kami sama sekali gak usah bingung lagi” ujar Wahyu Sujatmiko, Ketua Kelompok Tani Margo Rukun Desa Dayu.(Penrem 082/CPYJ)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel