Kodam V/Brawijaya

Swasembada Pangan, Koramil Kamal dan Petani Intensif Mengecek Tanaman

Dibaca: 33 Oleh 06 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bangkalan,-  Dukungan pengawasan penyaluran pupuk dan bibit pertanian ke para petani untuk mengawal swasembada pangan, terus dilakukan serius aparat TNI hingga ke tingkat Kodim dan Koramil.

Komandan Kodim (Dandim) 0829/Bangkalan Letkol Inf Sunardi Istanto, SH., menegaskan, pihaknya akan memastikan jajaran Kodim Bangkalan, dari Koramil hingga Babinsa intensifkan pendampingan petani melaksanakann pengecekan dan monitoring tanaman padi, jagung dan kedelai,

 “Itu dilakukan untuk menyukseskan tujuan pokok program swasembada pangan di wilayah Bangkalan,” tuturnya, Rabu 6 Januari 2016.

Ia menginstruksikan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk melaksanakan pengecekan sawah-sawah yang mulai mengering di musim kemarau ini. Di samping itu para Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi, jagung maupun kedelai di wilayah kabupaten Bangkalan ini.

“Koramil sampai Babinsa langsung saya perintahkan untuk turun ke sawah membantu petani, mengecek keadaan tanaman.  Jangan lupa didata dan segera laporkan agar bisa ditindaklanjuti dengan cepat,” kata Dandim saat ditemui di Makodim 0829/Bangkalan, tadi pagi.

Menurutnya, upaya tersebut untuk menargetkan keberhasilan program swasembada pangan pada tahun 2017, termasuk swasembada jagung.

Menurut Letkol Sunardi Istanto, sebelumnya Kodim telah melakukan kerjasama dengan Pemkab untuk mensukseskan program swasembada pangan, tidak hanya padi dan kedelai saja namun jagung juga sangat berpotensi meningkat di Kabupaten Bangkalan.

Dikatakan Sunardi, tujuan program tersebut untuk membentuk pola tanam secara kawasan sehingga ada penguatan kelembagaan. Baik dalam manajemen maupun kualitasnya, sehingga memiliki nilai tawar tinggi.

Sementara pantauan di lapangan, Komandan Koramil (Danramil) 03/Kamal, Kapten Inf Windoko bersama Babinsa Serka Sumadi dan Sertiu Ali Imron,  sedang mengecek dan mengontrol perkembangan tanaman  kelompok tani di wilayah Desa Gilianyar dan Desa Pendebeh Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan. Rabu 6 Januari 2016, pagi.

Kapten Windoko mengatakan, tanggungjawab mengawal petanian di wilayah binaan merupakan perintah yang harus dijalankan dari Dandim. Bahkan dalam hal pertanian, anggota Koramil tidak ingin bermain-main untuk melaksanakan tugas ini semaksimal mungkin.

Dikatakan Windoko, untuk mencapai hasil yang maksimal, Babinsa diperintahkan ikut menemani petani menanam padi di sawah agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel