Berita Satuan

Tak Kunjung Surut, Yonif 631 Bantu Warga Atasi Banjir di Murung Raya

Dibaca: 21 Oleh 10 Mar 2020Tidak ada komentar
Tak Kunjung Surut, Yonif 631 Bantu Warga Atasi Banjir di Murung Raya
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Pengerahan personel dan kendaraan yang dilakukan Yonif 631/Atg, untuk membantu warga desa Juking Panjang dalam mengatasi dampak banjir yang tak kunjung surut di wilayah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah.

Hal itu disampaikan Danyonif 631/ Antang Letkol Inf Letkol Inf. Bayu Yudha Pratama S.E., M.Si. dalam rilisnya di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Minggu (8/3/2020).

Dijelaskan Bayu, banjir berupa genangan air setinggi 60 cm itu, disebabkan oleh curah hujan yang tinggi dan tidak mampu ditampung DAS Barito.

“Sehingga (air) meluap ke pemukiman warga dan jalan utama,” ujar Bayu.

“Untuk membantu warga, maka kami kerahkan 15 personel Kompi Senapan C yang berada di Kabupaten Murung Raya,” tambahnya.

Dikatakan Bayu, kepedulian yang mereka lakukan di hari Sabtu (7/3/2020) itu, untuk membantu warga agar dapat beraktivitas.

“Dengan mengerahkan kendaraan maupun personel, sehingga dapat membantu warga yang akan bekerja, ke pasar maupun anak-anak ke sekolah,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bayu, dari pantauan di lapangan, sampai dengan saat ini debit air di jalan poros penghubung Jalan Desa Juking Pajang belum mengalami penurunan.

Baca juga:  KOREM 161/WIRA SAKTI GELAR LATBAK JATRI TW II TA 2014

“Diperkirakan apabila terjadi hujan secara terus-menerus, dapat dipastikan debit air akan terus meningkat,” taksir Bayu.

Berkaitan dengan perkiraan tersebut, maka Bayu pun menghimbau masyarakat, untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Atau ke tempat sanak saudara yang tidak terkena dampak banjir,” tegasnya.

Bayu menambahkan, perkembangan situasi terkait banjir akan tetap dan terus dilakukan pengecekan dan monitor setiap saat oleh personelnya di lapangan, apabila debit air semakin tinggi maka akan melibatkan seluruh anggota Kipan C untuk turun ke lokasi bencana.

Di tempat terpisah, Komandan Kompi Senapan C, Lettu Inf Hendi Fristiyadi menghimbau kepada masyarakat Desa Juking Pajang, agar menjaga dan mengawasi anak-anak agar tidak bermain di lokasi banjir.

Tak Kunjung Surut, Yonif 631 Bantu Warga Atasi Banjir di Murung Raya

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kepada masyarakat untuk saling membantu, khususnya menjaga anak-anak,” ujar Hendi.

“Selain itu, agar berhati-hati, akan munculnya hewan-hewan liar seperti ular dan hewan lainnya masuk ke dalam rumah, “ pungkasnya. (Dispenad)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel