Berita Satuan

Tanamkan Semangat Patriotisme, Satgas Yonif RK 136 dan Warga Peringati Pengibaran Merah Putih di Leihitu

Dibaca: 4 By 28 Des 2019Tidak ada komentar
Tanamkan Semangat Patriotisme, Satgas Yonif RK 136 dan Warga Peringati Pengibaran Merah Putih di Leihitu
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id, Tanamkan nilai dan semangat patriotisme, Satgas Yonif 136/TS bersama warga peringati 70 tahun pengibaran Bendera Merah Putih di Negeri Leihitu, Maluku Tengah.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 136/TS Letkol Inf Hasbul Hayiek Lubis dalam keterangan tertulisnya di Maluku Utara, Jumat (27/12/2019).

Diungkapkan Dansatgas, untuk mengenang dan memperingati pengibaran bendera Merah Putih di Negeri Leihitu Maluku Tengah pertama kali pada 70 tahun lalu, personel Satgasnya bersama personel Kodim 1502/Masohi beserta Muspika dan warga setempat menggelar upacara bersama.

“Upacara ini merupakan peringatan dikibarkannya Bendera Merah Putih pertama kali 70 tahun yang lalu di daerah ini, setelah Indonesia Merdeka pada tahun 1945, ” tuturnya.

Diungkapkan Dansatgas, tanggal 27 Desember 1949 adalah masa yang bersejarah bagi masyarakat Jazirah Leihitu dan Maluku pada umumnya.

“Para pejuang kemerdekaan di daerah ini merasa bangga saat NKRI diakui secara yuridis, meski untuk mempertahankan kemerdekaan penuh darah dan pengorbanan,” imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan Dansatgas, upacara tersebut dipimpin oleh Komandan Kodim 1502/Masohi Letkol Inf Nunung Wahyuni selaku Inspektur Upacara dan Komandan Pos Morela Letda Inf Panca selaku Komandan upacara.

Baca juga:  Kakek Frans Gembira Rumahnya Direhab Satgas Yonif R 142

Tema yang diusung pada peringatan ini “Menjadikan Negeri Hitumessing sebagai Negeri perjuangan menuju Jazirah Leihitu yang aman dan damai”.

”Peristiwa pengibaran Bendera Merah Putih pada tanggal 27 Desember 1949 di Negeri Hitumessing Kecamatan Leihitu merupakan peristiwa heroik yang patut dikenang bersama”, ungkapnya.

“Terlebih sebagai generasi muda yang menghirup udara kemerdekaan dan bebas dari penjajah, dengan momen penaikan bendera ini, nilai nasionalisme dan patriotisme kembali diwujudkan, ” ujarnya.

Turut hadir dalam upacara peringatan tersebut Kababinminvetcaddam XVI/Ptm Kol. Arm Yoko Widyatmoko, Kapolsek Leihitu Iptu Djafar Lessy S.E., beserta jajaran, Dansatgas Yonif RK 136/TS, para Veteran, dan Ormas kepemudaan setempat. (Dispenad).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel