Berita Satuan

Terangi Kampung Dayak, Satgas Pamtas Yonif 623 Perbaiki Listrik Tenaga Surya

Dibaca: 28 Oleh 25 Nov 2020Tidak ada komentar
Terangi Kampung Dayak, Satgas Pamtas Yonif 623 Perbaiki Listrik Tenaga Surya
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Perhubungan Angkatan Darat, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/BWU melakukan perbaikan dan pemasangan inverter serta pemasangan aliran listrik untuk penerangan lampu melalui PLTS (Solar Cell) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Kampung Dayak, Desa Sekaduyan Taka, Kecamatan Simanggaris.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 623/BWU, Letkol Inf Yordania, S.I.P., M.Si, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Rabu (25/11/2020).

Diungkapkan Dansatgas, perbaikan listrik pada Senin (23/11/2020) ini dilakukan karena alat penerangan sudah 8 bulan tidak berfungsi, sehingga Kampung Dayak ini minim alat penerangan khususnya pada malam hari.

“Perbaikan PLTS ini adalah sebagai bentuk kehadiran prajurit TNI di wilayah perbatasan untuk membantu kesulitan masyarakat dan mewujudkan permintaan warga Kampung Dayak yang mengharapkan kehadiran listrik di kampung mereka,” ujarnya.

“Listrik ini sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan anak-anak sekolah karena di Kampung Dayak berdiri Sekolah Menengah Pertama,” kata Yordania.

Lebih lanjut dijelaskan, kondisi PLTS yang dibangun pada 2018 dari program pemerintah yang ada di wilayah perbatasan RI-Malaysia, mangkrak tidak lagi beroperasi, karena tidak ada perawatan dan tidak ada yang dapat memperbaiki ketika ada kerusakan yang mengakibatkan warga tidak mendapatkan aliran listrik.

“Dengan adanya perbaikan PLTS ini, diharapkan dapat mengaliri listrik ke rumah warga sekitar 25 KK yang meliputi warga RT. 07 dan RT. 08 yang ada di Kampung Dayak,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut dan atas permintaan masyarakat, kata Yordania, prajurit Satgas Yonif 623/BWU berusaha memperbaiki dengan membentuk tim untuk perbaikan PLTS yang rusak tersebut.

“Perbaikan PLTS di Kampung Dayak ini adalah yang kedua kali diperbaiki oleh Satgas Pamtas Yonif 623/BWU yang sebelumya telah berhasil memperbaiki Pos Perbatasan Milik Angkatan Laut,” imbuhnya.

Dikatakan pula, dipimpin Danki Satgas SSK II Kapten Inf Yunior Noldi Mentahang didampingi Danpos Kanduangan Lettu Chb Dwie Tris Triono, dua personel Pos Kotis Satgas yaitu Serka Sigit Kurniawan selaku Bakom (Bintara Komunikasi) dibantu oleh Pratu Imam Ardi langsung turun ke lokasi selama tiga hari melaksanakan pengerjaan PLTS.

“Proses pengerjaan dilaksanakan mulai pemeriksaan komponen, pemasangan inverter, pemasangan aliran listrik dan mengganti komponen yang rusak. Setelah PLTS diperbaiki, kemudian dilaksanakan penyambungan instalasi listrik ke rumah-rumah warga yang sudah banyak dicopot dan putus sehingga lampu-lampu dapat menerangi rumah warga,” ucapnya.

“Sebagai garda terdepan, kehadiran Satgas Pamtas Yonif 623/BWU, kami senantiasa untuk bisa membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat di wilayah perbatasan,” sebut Yordania.

Di tempat terpisah, Kuing Surang Ketua Dewan Adat Dayak Kenyah di Kampung Dayak menjelaskan bahwa kondisi Kampung Dayak dengan jumlah warga 25 KK sudah 8 bulan belakangan ini tidak dapat menikmati listrik, sebagian masyarakat yang mampu menggunakan genset harus mengeluarkan biaya untuk membeli BBM dan yang tidak mampu terpaksa menerima kenyataan rumahnya gelap gulita.

“Sudah 8 bulan kampung kami gelap, di malam hari kami tidak dapat melaksanakan aktivitas, jam tujuh malam anak-anak sudah pada tidur,” tandasnya.

“Sekarang listrik di Kampung Dayak telah kembali terang, masyarakat tidak menggunakan genset atau lampu pelita lagi,” terang Kuing Surang.

Kampung Dayak yang dulunya gelap gulita tidak ada penerangan, kini setelah adanya perbaikan PLTS oleh Satgas Yonif 623/BWU setiap rumah telah diterangi lampu dan lampu jalan pun telah menyala.

Warga Kampung Dayak menyambut dengan suka cita dan mengucapkan puji syukur atas bantuan Satgas Pamtas Yonif 623/BWU yang dapat menghadirkan listrik ke kampung mereka kembali.

Ketua RT 07,Kule dan Ketua RT 08, Luwing, dengan kompak mengucapkan terima kasih atas upaya Satgas memperbaiki listrik di kampungnya. Dengan perbaikan ini sekarang lampu dapat menyala kembali sehingga malam hari bisa bekerja untuk masak dan malam hari anak-anak sudah bisa belajar.

Terangi Kampung Dayak, Satgas Pamtas Yonif 623 Perbaiki Listrik Tenaga Surya

“Sekarang listrik di Kampung Dayak telah kembali terang, masyarakat tidak menggunakan genset atau lampu pelita lagi,” tuturnya senang. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel