Kodam V/Brawijaya

TMMD Non Fisik, Ubah Prilaku Petani Dengan Program Penyuluhan

Dibaca: 158 Oleh 06 Okt 2017Januari 23rd, 2018Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

TNI AD – Ngawi. Masih dalam rangkaian kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di Kecamatan Karanganyar, Ngawi. Kodim 0805/Ngawi kembali menggelar penyuluhan pertanian dan perkebunan yang diikuti oleh sekitar 70 orang warga Masyarakat. Penyuluhan yang pertama diadakan di balai Desa Mengger. Kali ini, penyuluhan pertanian yang ke dua diadakan di Balai Desa Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi. Kamis malam, (5/10/17).

Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0805/Ngawi kembali mengundang Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Bpk. Kastam S.P., yang menularkan ilmunya kepada warga masyarakat melalui giat penyuluhan.

bra10a

Kastam mengungkapkan, selain untuk mewujudkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia para petani perlu diberikan penyuluhan-penyuluhan salah satunya terkait penggunaan obat dan pupuk untuk pertanian serta teknologi tepat guna untuk pertanian. Melalui penyuluhan, tingkat pengetahuan dan keterampilan para petani semakin baik dan dapat memberikan peningkatkan pula pada taraf hidupnya.

Selanjutnya Kastam mengungkapkan, bahwa Penyuluhan pertanian ini sebagai upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya. Mereka akan mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan hasil usahanya untuk meningkatkan taraf hidupnya khususnya dalam bidang pertanian.

Dalam giat penyuluhan tersebut Bpk Kastam menyampaikan materi yang sedikit berbeda dengan pembahasan sebelumnya, yaitu ” Bagaimana Cara Memaksimalkan Penggunaan Pupuk Organik serta Pupuk Alami tanpa menggunakan Pestisida Buatan Pabrik”.

Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Bpk. Kastam S.P. dalam penyuluhan ini didampingi Babinsa Posramil Kecamatan Karanganyar Serma Dani serta lurah Karanganyar Setyo Budi.

Usai memberikan penyuluhan, Dinas pertanian Kabupaten Ngawi kembali membagikan obat semprot hama dan benih padi organik serta pupuk organik secara gratis kepada para petani Desa Karanganyar.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel