Kodam IV/Diponegoro

TNI Bersama Masyarakat Hijaukan Lereng Telomoyo

Dibaca: 7 Oleh 21 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Magelang- Koramil 07/Ngablak dan masyarakat melaksanakan penghijauan di sekitar sumber mata air di lereng barat Gunung Telomoyo tepatnya di Desa Seloprojo Kecamatan Ngablak. (Selasa/19/01).

Penanaman 200 bibit pohon aren dan mahoni di laksanakan secara swadaya oleh masyarakat Desa Pagergunung dan Desa Seloprojo yang berjumlah 50 Orang serta 10 Orang Anggota Koramil 07/Ngablak di pimpin Danramil 07/Ngablak Kapten Inf Untung Harjanto. Penanaman di fokuskan di sekitar sumber air Desa Seloprojo di maksudkan untuk menjaga sumber- sumber mata air agar tidak kering terutama di musim kemarau.

Betapa pentingnya penghijauan sehingga harus di laksanakan secara konseptual dan menyeluruh agar krisis lingkungan bisa di atasi. Perlu langkah kongkrit dan kerja keras semua instansi untuk mensukseskan program Nasional menuju Indonesia Hijau. Betapa penting dan kompleknya peran tumbuban di muka bumi ini, tumbuhan hijau mengambil CO2 dan mengeluarkan C6H1206 serta peranan O2 yang sangat dibutuhkan makhluk hidup. Oleh karena itu, peranan tumbuhan hijau sangat diperlukan untuk menjaring CO2 dan melepas O2 kembali ke udara. Di samping itu berbagai proses metabolisme tumbuhan hijau dapat memberikan berbagai fungsi untuk kebutuhan makhluk hidup yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan.

Hutan dapat menghasilkan Zat Asam (O2) yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan, Hutan juga berperan sebagai pengatur lingkungan (mikro), vegetasi akan menimbulkan hawa lingkungan setempat menjadi sejuk, nyaman dan segar. Hutan merupakan penyeimbang alam dan merupakan tempat pembentukan mahkluk hidup bagi satwa di sekitarnya, Tanpa kita sadari tumbuhan memberikan perlindungan (protektif), terhadap kondisi fisik alami sekitarnya seperti angin kencang, terik matahari, gas atau debu-debu,kekurangan air bersih dan banyak lagi.

“Kedepan kita akan terus melaksanakan penghijauan seperti ini, kita akan menjadi motor dan memotifasi masyarakat agar lebih peka dan peduli terhadap lingkungan karena alam ini titipan untuk anak cucu kita “pungkas Kapten Inf Untung Hardjanto.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel