Kodam IV/Diponegoro

TNI Latih Kepramukaan Siswa SMP 1 Selopampang

Dibaca: 59 Oleh 12 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Sebanyak 75 orang siswa-siswi SMPN 1 Selopampang yang menduduki tingkat Penggalang Pramuka Kwarcab Kab. Temanggung, menerima pelatihan dari Babinsa Koramil 11/Tembarak Kodim 0706/Temanggung, Serma Marsono, Sertu Istijana dan Serda Ripangi yang bertempat di lapangan Desa Bulan Kec. Selopampang Kab. Temanggung.

Pembinaan generasi muda melalui organisasi kepanduan merupakan bagian dari pembinaan teritorial agar generasi muda tumbuh mandiri dan dengan kegiatan yang positif. Untuk itu, Babinsa Koramil 11/Tembarak, merasa tergerak hatinya untuk memberikan kontribusi dalam membangun generasi muda di wilayah binaan dengan melatih Pramuka SMPN 1 Selopampang Kwarcab Kab. Temanggung.

Dalam kegiatannya melatih Pramuka, Serma Marsono serta dua anggota lainya memberikan materi di antaranya untuk penggalang yaitu tentang Baris berbaris, krida penanggulangan bencana kecakapan khusus PPGD ( Pertolongan Pertama Gawat Darurat ) tentang patah tulang tangan, POL 2 orang tulang paha, POL 3 orang, dan POL 4 orang menggunakan Tandu inprofisasi. dan untuk penegak di beri materi ujian kenaikan tingkat penegak ke penegak bantara dan dari penegak bantara ke penegak laksana.

Disamping itu, Serma Marsono juga memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang bahaya narkoba dan miras yang merusak generasi muda, sehingga harus dihindari demi berlangsungnya kelancaran pembangunan generasi muda Bangsa dan Negara. Selain merusak generasi muda, narkoba dan miras juga bisa membuat masa depan anak bangsa menjadi suram bahkan rusak.

Komandan Koramil 11/Tembarak Kapten Chb Hermanto beserta anggotaKoramil 11/Tembarak bertekad akan membentuk siswa dan siswi Pramuka SMPN 2 Selopampang menjadi siswa dan siswi generasi penerus bangsa yang disiplin, tangguh dan bertanggung jawab, serta diharapkan dapat membentuk generasi muda yang disiplin, berjiwa Pancasila dan jiwa juang yang tangguh serta dapat membentuk kepribadian sehingga sebagai pegangan masa depan, ujarnya.

Kepala sekolah SMPN 1 Selopampang Bp. Ridwan.Spd. M. Si menyampaikan kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan siswa, satu ciri khas dalam kepramukaan adalah disiplin untuk itu kami bekerja sama dengan Koramil 11/Tembarak Kodim 0706/Temanggung menanamkan disiplin siswa.

Dengan demikian disiplin merupakan satu wujud karakter dari pramuka, dalam pengertian disiplin dapat mengendalikan diri, berani, mempunyai hati yang mantap dan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi bahaya atau kesulitan. Pungkasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel