Skip to main content
Berita Satuan

Prajurit TNI Perbaiki Akses Jalan Perbatasan RI-PNG

Dibaca: 4 Oleh 30 Mar 2016Maret 30th, 2020Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Intensitas hujan di daerah perbatasan RI-PNG selama 5 (lima) hari belakangan ini sangat tinggi dan mengakibatkan jalan utama di Kabupaten Keerom yang merupakan akses jalan satu-satunya yang menghubungkan Distrik Sateenggi, Distrik Waris, Distrik Senggi menuju Kabupaten Keerom dan menuju Provinsi Jayapura, mengalami rusak berat dan amblas.

Hal tersebut dikemukakan Dansatgas Pamtas Yonif 406/CK Letkol Inf Aswin Kartawijaya, Rabu (30/3/2016) saat meninjau perbaikan jalan oleh 300 personel Yonif 406/CK yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Republik Indonesia (RI) dengan Papua Nugini (PNG).
Letkol Inf Aswin Kartawijaya menuturkan bahwa sarana jalan merupakan infrastruktur yang sangat penting dan vital di suatu daerah manapun, baik tingkat Negara, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan maupun Desa/Kampung. “Sarana jalan yang menghubungkan dari suatu daerah dengan daerah lain sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat dan faktor pendorong kemajuan ekonomi daerah,” ucapnya.
Bila sarana jalan di suatu daerah tersebut rusak, bahkan terputus, maka otomatis segala aktivitas masyarakat dan kegiatan ekonomi akan lumpuh,  begitu juga di daerah perbatasan RI-PNG yang berbatasan langsung dengan negara lain,” kata Dansatgas.
Lebih lanjut Dansatgas mengatakan bahwa, di daerah perbatasan RI-PNG khususnya di Kabupaten Keerom tempat penugasan Satgas Yonif 406/CK, sarana jalannya sudah rusak dan amblas bahkan hampir terputus. Menurutnya, karena yang mempunyai alat berat untuk memperbaiki secara maksimal jalan rusak tersebut hanya Dinas PU Kabupaten Keerom. “Kami berinisiatif untuk membantu pemerintah memperbaiki jalan tersebut yang rusak/amblas dengan alat yang terbatas sebelum pemerintah memperbaikinya dengan alat berat,” kata Letkol Inf Aswin Kartawijaya.
Sementara itu, menurut Kepala Desa (Kades) Kampung Kalimao Bapak Wempi Wey dan masyarakat perbatasan RI-PNG yang ingin melaksanakan perjalanan ke Jayapura sangat berterimakasih kepada prajurit Satgas Yonif 406/CK yang bergerak cepat untuk memperbaiki jalan yang rusak tersebut. (Puspen)
Baca juga:  Kodim 0716/Demak Memberikan Pelayanan Rest Area Gratis

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel