TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Buka Puasa Bersama dan Safari Ramadhan 1435 H

By 14 Jul 2014 18:06Kodam IX/Udayana
pen9

Kodam IX/Udayana melaksanakan acara Buka Puasa Bersama di Aula Serbaguna Makorem 163/Wirasatya pada Kamis (10/7). Pada kesempatan tersebut hadir Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya didampingi oleh para pejabat Teras Kodam IX/Udayana yang terdiri dari Danrem 163/Wirasatya, Para Asisten, Perwira Ahli, para Kabalak Kodam IX/Udayana dan sejumlah Perwira lainnya, disamping anggota Kodam IX/Udayana dan jajarannya yang beragama Islam.

Pangdam menyampaikan acara Buka Puasa ini merupakan buka puasa pertama yang dilakukan sejak tanggal 29 Juni 2014. Kita semua berharap mudah-mudahan di sepuluh hari ke dua yang penuh ampunan ini, iman dan taqwa kita kepada Allah SWT semakin meningkat sehingga terhindar dari perbuatan dosa dan hawa nafsu negatif. Untuk itu Pangdam mengajak seluruh warga Kodam IX/Udayana agar memanfaatkan momen ibadah puasa ini untuk memohon ampunan atas segala perbuatan atau kekhilafan yang pernah dilakukan, sehingga predikat muttaqin dapat diraih. Hal ini penting karena hanya dengan taqwa hidup akan terhindar dari kesesatan dan kegelapan.

Disamping itu pula kegiatan Buka Puasa Bersama seperti ini sangat tepat dijadikan sebagai wahana untuk lebih mempererat tali silaturahmi di antara kita  sesama warga Kodam IX/ Udayana, sehingga akan lebih memperkuat ikatan kebersamaan, kekeluargaan dan persaudaraan. Banyak hikmah yang dapat kita  petik dalam memaknai puasa, antara lain menjadikan bulan suci ini sebagai bulan pembersihan diri dari segala kotoran baik yang nampak secara fisik maupun non fisik. Secara fisik dapat kita maknai sebagai pembersihan diri dan lingkungan yang ada di sekitar kita. Terkait kebersihan lingkungan, perlu diketahui bersama bahwa kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia dan merupakan unsur yang fundamental dalam ilmu kesehatan karena berfungsi sebagai pencegahan terhadap berbagai macam penyakit. Jika lingkungan bersih maka tidak mudah terserang berbagai macam penyakit seperti demam berdarah, muntaber dan lainnya. Kondisi ini hanya dapat dicapai dengan cara menciptakan lingkungan yang bersih, indah dan nyaman. Ciptakan selalu lingkungan yang clean, green dan healthy.

Selain kebersihan secara fisik bulan suci Ramadhan ini merupakan bulan pembersihan diri dari segala perbuatan yang tidak mencerminkan akhlaq sebagai seorang muslim. Maka dari itu saya berpesan kepada anggota yang melaksanakan ibadah puasa jangan menjadikan puasa sebagai sebuah kegiatan yang sifatnya rutinitas, melainkan hasil akhirnya harus dapat meningkatkan kualitas diri berupa tindakan dan perilaku ke arah yang lebih baik.

Pada kesempatan itu Pangdam juga memberikan bingkisan kepada anak-anak yatim piatu, Sungguh merupakan kebahagiaan bagi kita karena dalam buka puasa kali ini kita dapat berbagi rasa dengan anak-anak kita yang berasal dari Yayasan Yatim Piatu Darul Falah Pemogan melalui pemberian sebuah bingkisan. Saya berharap mudah-mudahan anak-anak senang menerimanya. Janganlah dilihat dari besar kecil nilai nominal bingkisan, melainkan niat dan ketulusan dari komando sebagai bentuk kasih sayang.

Selanjutnya acara buka puasa bersama ini juga diisi dengan pencerahan rohani dan siraman rohani atau tauziah dari Bapak H. Taufiq As’adi, S.Ag yang sehari-harinya menjabat sebagai Ketua MUI Provinsi Bali. (N Riasih)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Buka Puasa Bersama dan Safari Ramadhan 1435 H