Skip to main content
Berita Satuan

PANGKOSTRAD CEK KESIAPAN PASUKAN PENGAMANAN PILPRES 2014

Dibaca: 155 Oleh 07 Jul 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) menggelar apel pasukan persiapan pengamanan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di Lapangan Madivif I Kostrad, Cilodong, Depok, Minggu (6/7) sore pukul 15.30 WIB.

Panglima Kostrad Letnan Jenderal TNI Gatot Nurmantiyo memimpin langsung apel kesiapan tersebut. Selaku komandan upacara adalah Panglima Divisi Infrnteri 1 Mayjen TNI Fransen G Siahaan. Kali ini 17 ribu prajurit siap diterjunkan dan tersebar di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sulawesi.

“Prajurit Kostrad selalu siap digerakkan kemanapun dan kapanpun untuk menangani dan mengantisipasi gangguan pilpres mendatang,” terang Pangkostrad. Dalam kesempatan itu Pangkostrad juga berkesempatan melakukan pengecekan prajurit dan persenjataan prajurit.

Sesuai instruksi Presiden Republik Indonesia Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono pada 3 Juli lalu, Pangkostrad memberlakukan Siaga mulai sebelum pelaksanaan pemungutan suara sampai selesainya pelaksanaan tahapan pilpres, yaitu sampai penetapan dan pengangkatan Presiden dan Wakil Presiden baru 20 Oktober 2014.

Gelar terpusat yang dilaksanakan hari Minggu tersebut diikuti oleh 3.000 prajurit yang terdiri dari satuan jajaran Divifisi Infanteri 1 Kostrad terdiri dari satuan Brigade Infanteri Linud 3, Brigade Infanteri Linud 17, Brigade Infanteri 13, Resimen Armed 2, Batalyon Arhanudri 1, Batalyon Kavaleri 1, Batalyon Zipur 9, Batalyon Bekang, Batalyon Kesehatan 1, Kompi Kavtai 1, Gabungan Denma Balak Divisi Infanteri 1, dan Penerbad. Sedangkan perlengkapan yang digelar meliputi kendaraan tempur lapis baja, Helikopter, senjata ringan, Alat PHH, Mobil Komunikasi lapangan, serta perlengkapan khusus lainnya.

Baca juga:  Dukung Peserta Vaksin Covid 19, Danrem 174 Merauke Siapkan 12 Ekor Sapi

Kemampuan prajurit Kostrad yang disiapkan adalah kemampuan dalam menghadapi masa, pasukan yang dilibatkan yaitu satuan penanggulangan Huru Hara, pasukan Raider, Penjinak Bom, pasukan lintas udara yang dapat diterjunkan keberbagai wilayah Indonesia dan pasukan yang berkemampuan khusus lainnya.

Pangkostrad menekankan kepada prajurit Kostrad untuk selalu menjunjung tinggi netralitas TNI dan meningkatkan profesionalitas TNI. Prajurit Kostrad dalam bertugas harus berbuat yang terbaik, berani, tulus dan ikhlas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kaskostrad Mayjen TNI Indra Hidayat, Pangdivif 1 dan 2 Kostrad, Kasdivif 1 dan 2 Kostrad serta pejabat jajaran Kostrad.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel