TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Penataran Permildas TNI Tahap II TA 2015

By 12 Aug 2015 10:45Puspen TNI
6 (1)
(Puspen TNI, 12 Agustus 2015). Penataran Peraturan Militer Dasar (Permildas) TNI tahap II yang diikuti peserta dari ketiga Matra/Angkatan dan Mabes TNI di Pusdikpom Kodiklat TNI AD Cimahi, Bandung, Jawa  Barat, beberapa waktu lalu, dibuka secara resmi oleh Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Laksda TNI Sugeng Darmawan, S.E.

Penataran ini mengambil tema “Melalui penataran Permildas kita tingkatkan profesionalisme prajurit dalam rangka mendukung tugas pokok TNI”. Peserta kali ini berjumlah 133 orang terdiri dari 9 orang Mabes TNI, 69 orang TNI AD, 37 orang TNI AL dan 18 orang TNI AU. Tujuan dari penataran ini adalahmeningkatkan disiplin dan keseragaman dalam menerapkan Peraturan Militer Dasar TNI serta menghilangkan ego sektoral di jajaran TNI. Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan penataran diantaranya : Terlaksananya sosialisasi Permildas TNI; Terwujudnya keseragaman dalam penerapan Permildas TNI; danTersedianya kader-kader inti pelatih/penatar Permildas di masing-masing Angkatan.
 
Materi Penataran terdiri dari;    Peraturan Baris Berbaris TNI (PBB TNI); Peraturan Penghormatan Militer TNI (PPM TNI); Peraturan Urusan Dinas Dalam TNI (PUDD TNI); Peraturan Dinas Garnisun TNI (PDG TNI); dan Peraturan Tata Upacara Militer TNI (TUM TNI).
 
Dalam amanatnya Aspers Panglima TNI antara lain mengatakan bahwa Peraturan Militer Dasar (Permildas) merupakan suatu hal yang mutlak dan bersifat mendasar yang harus dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh prajurit TNI dalam rangka mewujudkan prajurit profesional yang disiplin, tertib dan siap melaksanakan tugas. Penerapan Permildas saat ini dianggap masih belum tertib dan seragam, masih terjadi perbedaan-perbedaan antara satu angkatan dengan angkatan yang lain. Oleh karena itu, Pimpinan TNI mengambil suatu kebijakan dengan melaksanakan penataran Permildas TNI secara terpusat.
 
“Dengan dilakukan penataran ini diharapkan tidak ada lagi perbedaan-perbedaan antara satu Matra dengan Matra lainnya, semua harus sama dan seragam dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak di lingkungan TNI. Tidak ada lagi yang membawakan selera masing-masing berdasarkan kematraan yang tidak berdasar pada aturan-aturan yang sudah ada”, ujar Laksda TNI Sugeng Darmawan.
 
Aspers Panglima TNI juga menyampaikan penekanan kepada peserta penataran antara lain: Pertama, tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar kalian selalu memiliki ketenangan jiwa dan kejernihan pikiran dalam melaksanakan tugas penataran. Kedua, kepada komando penataran agar mempedomani ketentuan Permildas yang berlaku saat ini dan hasil evaluasi penyelenggaraan penataran Permildas TNI tahap I sebagai pedoman dalam penyampaian materi penataran tahap II ini. Ketiga, kepada para petatar dan pelatih agar memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan semaksimal mungkin, sehingga dapat diterima sebagai bekal pengetahuan dan ketrampilan oleh seluruh peserta penataran.
 
Hadir dalam acara tersebut Dankodiklat TNI AD, Dankodiklat TNI, Pangdam III/ SLW, para Komandan Satuan di lingkungan TNI, para Pati TNI dan Undangan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Penataran Permildas TNI Tahap II TA 2015