TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Babinsa Posramil Tripa Makmur Evakuasi Warga Terkepung Banjir

By 26 Oct 2015 15:02Kodam Iskandar Muda
IMG-20151024-WA012

Nagan Raya, Babinsa Posramil Tripa Makmur bersama anggota Yonif 116/GS mengevakuasi warga yang terkepung banjir yang melanda diwilayah Kecamatan Tripa Makmur dengan menggunakan Perahu karet (LCR), Sabtu (24/10).

Banjir yang melanda wilayah Kecamatan Tripa Makmur diakibatkan karena meluapnya Sungai Kreung Lamie dan karena hujan lebat yang mengguyur selama 2 hari ini. Letak geografis wilayah Kecamatan Tripa Makmur juga menambah parah keadaan, dimana semua desa terletak di pinggiran sungai Krueng Lamie. Wilayah ini merupakan daerah yang sering terkena banjir setiap musim hujan datang.

Air menggenangi hampir diseluruh wilayah ini baik di perumahan penduduk dan jalan-jalan, sekolah dan Pondok Pesantren pun tak luput dari genangan air. Tepantau ada 2 Sekolah yang tergenang imbas banjir yaitu SMA 3 didesa Kabu dan MTS di desa Ujong Krueng. Otomatis aktifitas siswa tidak dapat berjalan sebagai mana mestinya, karena siswa tidak dapat berangkat sekolah. Pemenuhan kebutuhan pun terganggu karena warga terkurung di rumah karena tingginya air yang menggenangi rumah mereka. Tinggi air tercatat 80 cm di perkampungan penduduk dan 40 cm dijalan raya. Akses kendaraan baik roda 2 dan 4 tidak bisa melintas.

Aparat Kodim 0116/Nagan Raya, dalam hal ini Posramil Tripa Makmur berupaya mengevakuasi warga yang terkurung dirumah-rumah penduduk dengan menggunakan perahu karet serta memberi bantuan Indomie dan beras. Serma Sulaiman Danposramil Tripa Makmur mengatakan bahwa aparat TNI siap membantu mengevakuasi warga yang terkurung di air dan diprioritaskan kepada Ibu-ibu, orang tua dan anak-anak, selain itu bekerja sama dengan pihak BPBD untuk membuka Tenda Posko Darurat Bencana dan Dapur Bencana,ujarnya.

Sampai saat berita ini diturunkan pihak TNI dan BPBD terus melaksanakan evakuasi dan pemberian bantuan dari Dinas Sosial Propinsi yang berupa bahan kebutuhan Sembako.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Babinsa Posramil Tripa Makmur Evakuasi Warga Terkepung Banjir