TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pomdam II/Swj Gelar Operasi Gaktib “Waspada Wira Lembing”

By 29 Sep 2016 10:23Kodam II/Sriwijaya
bra-7-2016-09-29

Polisi Militer Kodam (Pomdam) II/Swj Palembang, kembali menggelar Operasi Penegakan Ketertiban (Opsgaktib) yaitu “Operasi Waspada Wira Lembing”, Rabu (28/9). Operasi Gaktib ini melibatkan belasan personel Polisi Militer dari Denpom II/4 Palembang.

Adapun tujuan digelarnya Opsgaktib ini adalah untuk mencegah dan menekan terjadinya pelanggaran serta perbuatan prajurit indisipliner atau melawan hukum.

Opsgaktib yang dipimpim oleh Komandan Satuan Pelaksanaan Pemeliharaan dan Ketertiban (Dansatlak Hartib) Denpom II/4, Kapten Cpm Kusno tersebut,  memeriksa setiap prajurit TNI yang melintasi jalan Kapten A. Riva’i, depan Hotel Batiqe. Pemeriksaan meliputi kelengkapan administrasi surat identitas, kelengkapan kendaraan, surat ijin keluar markas maupun barang lain yang dibawa. Bukan hanya anggota militer, namun kendaraan sipil yang menggunakan atribut atau stiker militer/TNI tidak luput dari pemeriksaan aparat.

Untuk pemeriksaan terhadap kendaraan orang sipil, dilakukan pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan. Seperti SIM, STNK, dan helm serta kemungkinan membawa barang haram seperti Narkoba dan senjata tajam.

Ditempat terpisah, Kapendam II/Swj Letkol Arh Syaepul Mukti Ginanjar, S.I.P., dalam keterangannya menyampaikan bahwa Operasi Gaktib tersebut dilaksanakan sepanjang tahun 2016, yang di gelar diseluruh wilayah Kodam II/Swj.

Lebih lanjut Kapendam menjelaskan, sasaran operasi  ini adalah untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan hukum prajurit Kodam II/Swj. “Selain itu, juga untuk mewujudkan kehidupan prajurit yang bebas dari barang-barang terlarang seperti narkoba, mencegah terjadinya kesalahpahaman antara prajurit TNI dengan Polri dan masyarakat, serta meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan dan tata tertib bagi PNS TNI,” terangnya. (Pendam II/Swj).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pomdam II/Swj Gelar Operasi Gaktib “Waspada Wira Lembing”