TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Kostrad Laksanakan Penghijauan Hutan Kali Jaheyang

By 07 Feb 2018 Kostrad
1a (1)

TNI AD-Malang. Dalam rangka memperingati HUT ke-57 Kostrad tahun 2018, Batalyon Infanteri Para Raider 502/UY bekerjasama dengan Perhutani, Universitas Islam Malang dan masyarakat sekitar melaksanakan kegiatan penghijauan hutan dengan melaksanakan penanaman 500 bibit pohon dari berbagai jenis guna menghijaukan kembali kawasan hutan Kali Jaheyang, di Dusun Begawan, Desa Pandansarilor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Senin (5/2/2018).

1a (3)

Hutan Kali Jaheyang merupakan bagian dari kawasan Hutan Perhutani Unit II RPH Sukopuro Jabung, selama ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penampungan sumber air bersih untuk kehidupan serta sumber pengairan irigasi untuk mengaliri sawah-sawah penduduk sekitar Kecamatan Jabung.

Hutan Kali Jaheyang yang kini lahannya banyak dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk tempat bercocok tanam, sehingga kondisinya memperihatinkan karena banyak kayu yang tumbang, yang sengaja ditebang untuk kepentingan pribadi, menyebabkan tanah menjadi longsor. Dengan intensitas hujan yang turun terus-menerus dikhawatirkan apabila tidak segera dilakukan penanaman kembali pohon-pohon keras akan bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk lagi.

Di sela-sela kegiatan penanaman juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan mahasiswa tentang pentingnya menanam pohon, karena pohon merupakan penopang berbagai sendi kehidupan di bumi sebagai komponen terpenting sebuah ekosistem.

Diharapkan dengan mengajak komponen masyarakat sekitar dan mahasiswa, ke depannya generasi penerus ini akan bisa menjaga kelestarian alam dan pohon yang merupakan paru-paru bumi.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Kostrad Laksanakan Penghijauan Hutan Kali Jaheyang