Skip to main content
Dinas Penerangan

Kasad : Kunjungan pimpinan AD, Wahana Pembangunan Komitmen Kerjasama Bilateral Militer

Dibaca: 113 Oleh 24 Agu 2018Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono menerima kunjungan kehormatan Kasad Singapura Brigadir Jenderal Goh Si Hou di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Kunjungan kehormatan Brigadir Jenderal Goh Si Hou merupakan perkenalannya Kepada Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono sebagai Kasad Singapura yang baru. Kunjungan kehormatan ini diawali dengan upacara penyambutan secara militer di Halaman Markas Besar Angkatan Darat yang juga dihadiri pejabat teras kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, Kasad Jenderal TNI Mulyono mengucapkan selamat atas pengangkatan Brigadir Jenderal Goh Si Hou sebagai Kasad Singapura yang baru. Kasad Jenderal TNI Mulyono juga mengucapkan selamat atas Peringatan Hari Kemerdekaan ke 53 Singapura pada tanggal 9 Agustus 2018 .

Dalam pertemuan tersebut, dibahas berbagai macam pembicaraan mengenai kerjasama militer kedua negara. Kasad Jenderal TNI Mulyono menegaskan, TNI AD senantiasa berkomitmen untuk mengembangkan dan meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang, khususnya dalam bidang pendidikan, latihan, kunjungan dan pertukaran personel. Jenderal TNI Mulyono juga menyampaikan apresiasi atas hubungan baik dan kerja sama yang selama ini telah terjalin antara TNI AD dan AD Singapura.

Baca juga:  Yonzipur 2/SG di Terjunkan Bantu Percepatan Rehab Rekon Pasca Gempa NTB

Selain itu, Kasad Jenderal TNI Mulyono mengapresiasi terselenggaranya Army Interaction Games yang rutin dilaksanakan sebagai kesempatan berharga bagi para perwira tinggi kedua Angkatan Darat untuk membangun hubungan profesional dan personal dalam rangka mendukung kelancaran kerja sama kedua belah pihak.

Pada bidang latihan bersama tahun 2018, Kasad Jenderal TNI Mulyono menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Latma Chandrapura pada bulan Juli 2018 yang telah berjalan dengan baik, aman dan lancar.

“ Kami berharap Latma Safkar Indopura pada bulan November 2018 nanti juga akan berjalan sesuai dengan rencana dan harapan. Diyakini kegiatan Latma tersebut akan membawa manfaat positif terutama dalam mewujudkan interoperabilitas dan profesionalisme prajurit kedua Angkatan Darat, “ ujar Kasad.

Selain pada bidang latihan bersama, TNI Angkatan Darat juga menyelenggarakan kerja sama bilateral di bidang pendidikan meliputi pengiriman personel TNI AD untuk mengikuti pendidikan di Singapura, yaitu Command and Staff Course (setingkat Seskoad), Company Tactics Course (CTC), Advanced Infantry Officers Course/ 6 AIOC (setingkat Diklapa II Infanteri), Basic Intelligence Officers Course (BIOC), Advanced Trauma Life Support Course, Unit Logistics Officers Course, Unit Manpower Operations Course, Video Production Course, dan English Language Course.

Baca juga:  Sosialisasi Reformasi Birokrasi TNI AD Dan Pembentukan Agent Of Change

Sedangkan AD Singapura mengirimkan personel untuk mengikuti pendidikan Dikreg Seskoad dan Diklapa II Infanteri di Indonesia. Kedua Angkatan Darat juga melaksanakan pertukaran kunjungan personel staf Seskoad serta staf pengajar dan taruna Akademi Militer.

TNI AD sepenuhnya meyakini bahwa kerja sama militer dengan AD Singapura akan membawa manfaat yang besar bagi kemajuan kedua angkatan darat, khususnya profesionalisme prajurit. Untuk itu, diharapkan agar cakupan kerja sama militer ke depan harus ditingkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dalam konteks hubungan multilateral, TNI AD memandang bahwa tantangan dan ancaman di tingkat regional dan global tidak dapat dihadapi sendiri. Dibutuhkan kerja sama yang solid antara Angkatan Darat di Asia Tenggara dan negara-negara sekitarnya serta dengan institusi non-militer baik di lingkup ASEAN maupun organisasi internasional lainnya.

Diakhir pertemuannya dengan Brigadir Jenderal Goh Si Hou, Jenderal TNI Mulyono berharap agar hubungan dan kerja sama yang telah terbina antara kedua angkatan darat akan semakin erat, dilandasi dengan keyakinan mampu berkontribusi aktif mewujudkan perdamaian dan stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara.

Baca juga:  MENGAWALI RAMADAN, PANGDAM SERAHKAN RUMAH IMPIAN

Pada kesempatan tersebut, Kasad Singapura Brigadir Jenderal Goh Si Hou juga berharap yang sama, agar jalinan kerja sama kedua negara terutama di bidang militer dapat terjalin dengan baik dan diteruskan.

Pada kunjungan kehormatannya tersebut, Brigadir Jenderal Goh Si Hou didampingi oleh Komandan Korps Kavaleri Brigjen Yew Chee Leung, Asisten bidang latihan Colonel Chua Jin Kiet, Atase Darat Kedubes Singapura Colonel Tan Yong Kim Gene.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel