Artikel

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Dibaca: 141 Oleh 25 Mei 2020Mei 26th, 2020Tidak ada komentar
7+1 Tips Mujarab,  Kaca Mata  Bebas Embun Saat Bermasker
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bagi pengguna kaca mata, ketidaknyaman dalam penggunaan masker tidak hanya sekedar kurangnya asupan udara, namun juga terganggunya pandangan akibat embun yang menempel di kaca mata.

Ternyata, tidaklah banyak orang yang tahu bahwa untuk menghilangkan atau mengurangi embun di kaca mata saat menggunakan masker hanya dengan menggunakan tips dan trik sederhana.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Mau tau tips 7+1 tips dan triknya? Mari kita ungkap satu persatu..

Eits..mengapa disebut 7 +1 ya?

7 tips dan trik sudah banyak diketahui umum, sedangkan +1 nya merupakan tambahan dari pengalaman penulis selama berdinas di TNI AD..mau tau..? Yuk kita bahas satu persatu.

Penyebab Embun di Kaca Mata saat Gunakan Masker.

Tentu kita ketahui bersama bahwa lensa atau kaca mata dapat berembun jika adanya kombinasi suhu dingin di luar dan hangat di dalam.

Setelah melalui proses pernapasan, tubuh kita akan mengeluarkan oksigen yang kita hirup setelah melalui paru-paru berupa karbondioksida ke udara.

Suhu karbondioksida yang hangat, akibat dipengaruhi suhu di dalam tubuh kita, akan berubah menjadi cair ketika bertemu udara yang lebih dingin di luar tubuh.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Inilah yang disebut sebagai proses pengembunan atau kondensasi. Ini juga yang terjadi ketika kondensasi tersebut disalurkan oleh masker ke atas dan yang akhirnya menimbulkan embun di kacamata.

Dalam keadaan tertentu, situasi ini memang tidak menimbulkan masalah, namun akan membuat kita tidak nyaman. Tapi dalam situasi berbeda, seperti ketika berkendara dijalan yang padat, maka ceritanya akan berbeda.

Yang pasti, untuk menghalau droplet pembawa Virus Corona atau COVID-19,  masker dan kacamata merupakan  paket wajib yang harus ada setelah hand sanitizer dan disinfektan.

Lalu….Bagaimana mengurangi atau menghilangkan embun di kacamata?

Berikut tips dan trik mujarab yang peroleh dari beberapa referensi.

1. Lipat bagian atas masker.

Ini sangat sederhana, khususnya masker yang ada logam tipis, yaitu dengan melipat bagian atas masker kira-kira 1 cm saat menggunakannnya.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Masker yang ketat menempel, akan mencegah udara panas dari hidung yanh langsung menuju lensa kacamata dan bisa menimbulkan embun.

2. Kencangkan Tali Masker

Bagi  yang menggunakan masker bertali, trik satu ini bisa dilakukan untuk mencegah kacamata berembun.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Caranya sangat mudah, yaitu  hanya perlu mengencangkan ikatan tali di bagian kepala. Meski demikian, pastikan tetap bisa bernafas dengan baik sehingga bisa mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lain, seperti tidak bisa bernafas.

3. Masukkan tisu ke dalam masker.

Tisu bisa cegah kacamata berembun !

Ya..karakternya yang bisa menyerap air, membuat tisu cukup efektif menyerap uap air dari proses kondensasi.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Caranya, masukkan 2-3 lembar tisu ke dalam masker, dan posisikan tisu agar menutupi bagian tulang hidung di mana kacamata bersanggah. Tidak saja memperteguh kacamata, tisu juga dapat menyerap uap dari pernafasan yang keluar dari hidung .

4. Gunakan anti-fog spray.

Caranya, semprotkan cairan anti-fog pada lensa kacamata. Setelah itu, lap lensa kacamata dengan kain lembut atau lap khusus lensa kacamata hingga kering.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

5. Lap dengan sabun.

Cara lainnya adalah sebelum digunakan, kacamata dilap dengan sabun (bisa menggunakan jenis sabun batang maupun sabun cair).

Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan. Kacamata anti embun pun siap dipakai.

 

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

6. Gunakan spray anti debu.

Selain anti-fog spray, untuk mencegah kacamata berembun, bisa juga dengan menggunakan spray anti debu. Caranya pun sama.. cukup semprotkan spray anti debu pada lensa kacamata dan keringkan dengan kain lembut.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

7. Gunakan Krim Cukur

Trik mudah lainnya yang bisa  dilakukan untuk mengatasi kacamata berembun saat mengenakan masker adalah dengan memanfaatkan krim cukur. Memang terdengar aneh, tapi krim cukur cukup ampuh menghilangkan embun di kacamata yang bisa mengganggu penglihatan.

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Cara menggunakannya pun cukup mudah, hanya perlu mengoleskan krim cukur pada lensa kacamata secara merata. Setelah itu bersihkan dengan baik sampai benar-benar terlihat jernih.

7+1. Jauhkan kacamata dari masker

Satu lagi tips yang  sering dilakukan namun jarang diungkapkan, yaitu jauhkan kaca mata dari masker. Bagaimana caranya?

Ingat! Penyebab embun di kacamata adalah kondensasi yang disalurkan keatas dan menempel di kacamata.

Maka caranya adalah menghindari terjadinya kondesasi dan atau mencegah kondensasi ke kacamata, yaitu meletakan kaca mata jauh dari masker atau tidak menggunakan kaca mata saat bermasker atau sebaliknya tidak menggunakan masker saat berkaca mata..yaitu dengan #tetap dirumah atau #staydikantor😁😊🤝

7+1 Tips Mujarab, Kaca Mata Bebas Embun Saat Bermasker

Demikian tips dan trik bagi pengguna kacamata saat memakai masker, dengan catatan tips no 1 s.d. 7 valid sedangkan tips ke-7+1 boleh dicoba supaya kita bisa happy terus..🙏

Tetap Semangat
Lawan Bersama, Virus COVID-19

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel