Kodam IV/Diponegoro

Atasi Endapan, Koramil – Warga Keruk Bendungan

Dibaca: 46 Oleh 14 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat
Ratusan warga masyarakat Dusun Tiban Desa Bumirejo Kecamatan Mertoyudan bersama anggota Koramil 11 Mertoyudan Kodim 0705/Magelang membersihkan bendungan dan membersihkan sedimentasi / endapan lumpur di sekitar Bendungan Tiban, Minggu (13/9).
Danramil 11/Mertoyu dan Kapten Inf Suparna menjelaskan bahwa kerjabakti ini memang sengaja dilaksanakan untuk memperbaiki dan membersihan Bendungan Tiban, agar nantinya bendungan tersebut bias bermanfaat sebagaimana mestinya.
Bendungan Tiban merupakan salah satu jaringan irigasi yang berada di wilayah Mertoyudan. Setiap harinya air dari irigasi tersebut mampu mengairi areal persawahan yang cukup luas, yaitu sekitar 50 Ha. Sedangkan bendungan tersebut lebarnya sekitar 50 meter dengan panjang hampir 100 meter. Kedalaman bendungan adalah sekitar 3 meter. Namun karena sudah terjadi pendangkalan maka kedalaman hanya sekitar 1 meter.
Selama ini bendungan tersebut dimanfaatkan oleh para petani untuk pengairandi sawahnya. Namun karena terjadi pendangkalan, maka bendungan tidak mampu menyimpan air yang banyak.
Dengan adanya program upaya khusus dibidang pertanian maka para petani minta bantuan kepada Koramil 11/Mertoyudandan PPL untuk bersama-sama membersihkan bendungan dari endapan lumpur dan tanaman gulma.
Danramil 11/Mertoyudan Kapten Inf Suparna memimpin langsung kegiatan pembersihan dan pengerukan lumpur sedimentasi di Bendungan Tiban Desa Bumirejo tersebut.
Sumardi, Kepala Dusun Tiban memberikan penjelasan bahwa air dari bendungan ini sangat penting bagi para petani. Air dari bendungan Tiban menjadi salah satu harapan utama bagi petani di Bumirejo.
“Dengan normalnya bendungan ini, mudah-mudahan masalah pengairan tidak lagi menjadi kendala” ujar Sumardi di sela-sela pembersihan sedimentasi.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel