60" TNI AD

Babinsa Kodim 0730/Gunungkidul Sukses Membudidayakan Edamame

Dibaca: 7 Oleh 25 Jan 2021Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Babinsa Koramil Panggang Kodim 0730/ Gunungkidul, Sertu Rohmat Sujadi berhasil mengembangkan budidaya kedelai edamame di area lahan pertanian Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kedelai Jepang atau edamame dikenal sebagai cemilan sehat yang dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Edamame dapat dijadikan sumber protein nabati yang tinggi, sumber zat besi, juga kalsium sebagai nutrisi yang baik bagi tubuh.

Babinsa Rohmat mengaku bercocok tanam adalah hobi. Sebab, dirinya berasal dari keluarga petani. Meskipun, disambi dengan budidaya edamame, Rohmat mengaku tetap bertanggung jawab dengan ketugasan dirinya sebagai seorang prajurit.

Sertu Rohmat mulai menanam edamame setelah berkenalan dengan petani edamame asal Jember, Jawa Timur. Awalnya ia menanam di lahan seluas 1.250 m2 dan mendapat hasil yang memuaskan. Edamame tumbuh subur dengan panen yang melimpah.

“Alhamdulillah pertama kali percobaan itu pikiran saya tidak bagus, tapi kalau di cross sama hasil lainnya, itu lebih dari 2 kali lipatnya, daripada padi atau jagung biasa,” ujar Sertu Rohmat Sujadi.

Kini lahannya telah mencapai 7.000 meter persegi dengan sistem sewa lahan atas dukungan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan Koperasi setempat. Sertu Rohmat juga mengajak warga sekitar untuk turut mengelola lahan edamamenya.

“Waktu pengelolaan saya melibatkan masyarakat disini, waktu pengolahan itu untuk bikin bedengan, untuk penyemperotan. Untuk para ibu dilibatkan dalam memetik edamamenya,” ujarnya.

Edamamenya telah memiliki pelanggan hingga luar pulau Jawa. Namun ia tetap memprioritaskan para pedagang kecil yang sudah berlangganan menjual hasil panennya. Ia menjual dengan harga yang relatif murah untuk pedagang kecil agar dapat berbagi rezeki pada mereka.

Dukungan pertanian edamame Sertu Rohmat juga didapat dari Komandan Kodim 0730/Gunungkidul, Letkol Inf Noppy Laksana Armyanto. Ia mengapresiasi kegiatan pertanian serta pengembangan edamame yang membantu perekonomian warga sekitar.

“Harapan kami apa yang sedang dilakukan Pak Rohmat sekarang ini dapat menjadi contoh memelopori tidak hanya bagi para prajurit di Kodim 0730 Gunungkidul tapi juga menjadi contoh, menjadi teladan bagi masyarakat khususnya di wilayah binaan Pak Rahmat dan juga para Babinsa di wilayah lain, ujar Komandan Kodim 0730/Gunungkidul.

Ke depannya, Sertu Rohmat berencana akan menjadikan lahan pertanian edamame sebagai lokasi wisata agar masyarakat Indonesia lebih mengenal budidaya edamame.

#TNIADMengabdiDamMembangunBersamaRakyat

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel