Kodam XVII/Cenderawasih

Danramil 1709-01/Yapsel Beserta Para Babinsa Bergotong Royong Bangun Gapura

Dibaca: 11 Oleh 21 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Gotong royong adalah salah satu budaya bangsa yang membuat Indonesia, dipuji oleh bangsa lain karena budayanya yang unik dan penuh toleransi antar sesama manusia. Ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari Sabang hingga Merauke, walaupun berbeda agama, suku dan warna kulit. Setelah reformasi, semangat gotong royong tersebut sepertinya sudah mulai meluntur dalam budaya bangsa kita. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan uang atau dana sebagai tolok ukur yang cukup untuk partisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan.

Dengan dihadapkan semakin melunturnya budaya gotong royong, Danramil 1709-01/Yapsel Kapten Inf A.H. Widagdo mengajak para Babinsanya untuk melestarikan semangat budaya gotong royong. Hal ini jelas diperlihatkan saat proses pembangunan gapura Makoramil 1709-01/Yapsel. Nampak Danramil beserta anggotanya bekerja bersama-sama dalam membangun gapura tersebut. Ada yang sedang mengaduk campuran semen, ada yang menyiapkan papan kayu, memaku papan, dan mengecor pondasinya, itu semua mereka lakukan secara bersama-sama dan nampak sekali ciri khas gotong royong.

Danramil mengatakan bahwa TNI masih peduli dan ingin melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dengan memberikan contoh semacam ini masyarakat yang kebetulan lewat akan menilai bahwa semangat gotong royong menciptakan suatu kebersamaan, senasib sepenanggungan, serta persatuan dan kesatuan, dimulai dari tingkatan terendah dalam lingkungan masyarakat dan bernegara dalam hal membangun dan menciptakan kedaulatan serta ketahanan nasional bangsa Indonesia.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel