Berita Satuan

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 1628 Siapkan Lahan 100 Hektar

Dibaca: 8 Oleh 05 Mar 2021Tidak ada komentar
Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 1628 Siapkan Lahan 100 Hektar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Dalam rangka mendukung dan meningkatkan ketahanan pangan nasional, Kodim 1628/SB bersinergi dengan Pemerintah Daerah Sumbawa Barat, KPH Sejorong Matayang, dan Kelompok Tani Sampar Baru Talonang, menyiapkan lahan seluas 100 hektar untuk ditanami tanaman pangan.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi Sunardi S.T., M.I.P, saat dirinya bersama Kepala, Kasi Perencanaan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Resot KPH Sejorong, Danramil 1628-02/Sekongkang serta Kades Talonang, meninjau kesiapan dan melakukan penanaman pohon di lahan ketahanan pangan yang terletak di Desa Talonang, Kamis (04/03/2021).

Dikatakan Dandim, penanaman 1.100 pohon yang dilakukan itu, merupakan bagian dari penyiapan lahan ketahanan pangan yang akan ditanami tanaman pangan diintegrasikan dengan tanaman keras dan tanaman semusim.

“Dari 100 hektar lahan yang disiapkan, nantinya di dalam tiap 1 ha akan kita tanami 400 pohon tanaman keras berupa sengon, mahoni, jabon. Juga tanaman multi purpose trees seperti kemiri, minyak kayu putih, nangka, mangga, durian. Serta tanaman pakan ternak yaitu lamtoro taramba dan tanaman energi, kaliandara. Sedangkan untuk tanaman semusim ketahanan pangan seperti jagung, kedelai, kacang hijau, dan shorgun,” ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan untuk mendukung kesiapan lahan pangan itu juga dilakukan sosialisasi tentang naskah kesepakatan legalitas pemanfaatan lahan, tehnis penanaman, pemeliharaan, pengelolaan, pemberdayaan, pemanfaatan hasil dan kesepakatan bagi penghasilan antara masyarakat dan yang akan di serahkan ke negara oleh Kasi Perencanaan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Sejorong.

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim 1628 Siapkan Lahan 100 Hektar

“Masih dalam rangkaian kesiapan, kita juga meninjau sumber mata air di Bukit Batu Nampar yang nantinya akan memenuhi kebutuhan air di lahan ketahanan pangan,” ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga disampaikan laporan tentang kesiapan Kelompok Tani Sampar Baru Talonang dalam pengelolaan dan penanaman di lahan ketahanan pangan tersebut. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel