Satgas Pamtas

Gantikan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif R 200/BN, Satgas Pamtas Yonif 614/RJP Disambut Adat Dayak Kenyah

Dibaca: 57 Oleh 03 Jan 2021Tidak ada komentar
Gantikan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif R 200/BN, Satgas Pamtas Yonif 614/RJP Disambut Adat Dayak Kenyah
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Disambut dengan adat Dayak Kenyah, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 614/RJP siap bertugas sebagai pengganti Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN yang akan purna tugas menjaga wilayah perbatasan negara.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 200/BN, Mayor Inf Andy Irawan, S.H, dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Minggu (3/1/2021).

Diungkapkan Dansatgas, penyambutan terhadap Satgas Yonif 614/RJP dilaksanakan di Pelabuhan PT. Sumalindo, Desa Long Bagun Ulu, Kecamatan Long Bagun.

“Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 614/RJP, Mayor Inf Indar Irawan beserta Perwira Staf dan para Danpos pada Sabtu (2/1/2021),” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, prosesi penyambutan ini dilakukan dengan adat Dayak Kenyah yang dipimpin langsung oleh tokoh spiritual Dayak Kenyah Bapak Masing (75) yang hadiri oleh Petinggi Kampung Batu Majang, Yosep Merang (55), Ketua Adat Besar Dayak Kenyah, Balan Tingai (67), Ketua BPK Yohanes Nari (50), Sekretaris BPK, Beth Ajang (65), Ketua Umat dan Sekretaris Adat, Inggung (70), dan Ketua Adat Kampung, Jambang (68).

Gantikan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif R 200/BN, Satgas Pamtas Yonif 614/RJP Disambut Adat Dayak Kenyah

“Penyambutan ini ditandai pula dengan penyematan gelang yang berarti mereka telah dianggap sebagai bagian dari keluarga besar Dayak Kenyah,” jelasnya.

“Pelaksanaan penyambutan tetap mengutamakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan memakai masker dan menjaga jarak aman serta pengecekan suhu,” sambung Andy Irawan.

Penyambutan ini tambah Andy, merupakan langkah awal dalam rangka rotasi pertukaran Satgas Pamtas Yonif Raider 200/BN dengan Satgas Pamtas Yonif 614/RJP di sektor Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, selanjutkan akan dilaksanakan serah terima tugas pokok Satgas Pamtas RI-Malaysia.

Di tempat yang sama, Ketua Adat Besar Dayak Kenyah, Balan Tingai (67), mengucapkan selamat datang kepada anggota Satgas Pamtas yang baru.

“Semoga bapak-bapak TNI betah di kampung kami serta bisa membaur sebagai bagian dari keluarga besar kami Dayak Kenyah,” tuturnya berharap. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel