Kodam V/Brawijaya

Hemat Beaya Bibit dan Tanam, Petani Desa Kabalan Bojonegoro, Terapkan Sistem Salibu

Dibaca: 16 Oleh 25 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Bojonegoro ( 25/01 ). Anggota Koramil 0813-10/Kanor bersama ratusan petani warga Desa Kabalan, Kecamatan Kanor, Bojonegoro, terapkan tanam padi system tanam Salibu (Singgang) diatas lahan pertanian 70 hektar, dengan memanfaatkan potongan padi yang sudah dipanen pada beberapa hari yang lalu, Sabtu (23/01/2016).

“Potongan padi itu kita biarkan selama lebih kurang 10 hari diatas permukaan tanah, yang sebelumnya kondisi lahan dikeringkan dari air, sebab hal itu membuat tanah menjadi subuh”, terang Danramil 0813-10/Kanor, Kapten Inf Ilyas Rosidi.

Sementara itu juga dikatakan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), Iskak, bahwa sistem tanam dengan menggunakan sistem Salibu akan sangat menguntungkan petani, pasalnya selain tidak menggunakan alat berat untuk mengolah lahan (bajak) juga tidak membutuhkan bibit, karena semakin pendek atau kecil-kecil singgang yang dipotong akan semakin banyak anakan padi yang akan tumbuh.

“Akan lebih hemat, dan tentunnya petani akan diuntungkan, karena sistem ini lebih mudah dalam perawatanya” pungkasnya.( Penrem 082/CPYJ )

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel