Berita Satuan

Irigasi Dukung Swasembada Pangan

Dibaca: 49 Oleh 04 Jan 2016Tidak ada komentar
TNI Angkatan Darat
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Upaya mewujudkan swasembada pangan dan ketahanan pangan terus dilakukan di wilayah Kodam III/ Siliwangi. Hal tersebut diantaranya dilakukan di Koramil 0903/, Cicalengka Kodim 0609/Kabupaten Bandung.  Danramil 0903/ Cicalengka Kapten Inf Aman Rohman bersama anggotanya bergabung dengan masyarakat melaksanakan karya bakti membersihkan irigasi dan saluran Air Desa sepanjang 750 m yang mengairi sawah di Kampung Paslon Rt 04 Rw 01 Desa Ciherang Kecamatan Nagreg Kab.Bandung,  Sabtu, tanggal 2 Januari 2015.

IRIGASI ini adalah salah satu irigasi yang ada di Desa Ciherang untuk men­gairi sawah, sehingga irigasi ini sangat dibutuhkan untuk pen­gairan sawah wilayah di Desa Ciherang Kecamatan Nagreg. Saat sekarang waktunya para petani menggarap sawah karena musim penghujan sudah tiba, ujar Danramil Cicalengka Kap­ten Inf Aman Rohman. Menurutnya pembersihan irigasi perlu untuk menperlancar air dan diharapkan setelah irigasi di bersikan dan air lancar, panen padi yang akan datang bisa lebih baik, sehingga dapat mendukung upaya swasembada pangan.

Kapten  Inf  Aman Rohman  selaku  Danramil 0903/Cicalengka  berharap kegiatan karya bakti dapat lebih menjalin Soliditas TNI–Rakyat. Semangat gotong royong membersihkan irigasi ini untuk membantu masyarakat dan harus terus dilakukan sehingga tercipta soliditas yang semakin kokoh antara TNI dan masyarakat harap Aman Rohman.

Menurutnya pembersihan irigasi tanpa adanya dukungan dari semua pihak tentunya tidak akan berjalan dengan lancar Karya Bhakti menjadi salah satu sarana untuk terus membangun komunikasi dan hubungan yang baik dengan masyarakat sekaligus memberikan pengetahuan.  Komunikasi yang baik dengan masyarakat harus terus dijalin sehingga bisa mempermudah dalam menjalankan tugas dan informasi  juga akan dapat diterima dengan baik, katanya.

Kegiatan ini di ikuti oleh 10 orang Anggota Koramil 0903/ Cicalengka, Kepala Desa dan 10 orang perangkat Desa Ciherang, 5 orang Satpol PP Kecamatan Nagreg, 100 orang masyarakat sekitar dan 50 orang Anggota Yonif Linud 330. Sedangkan pada hari yang sama, di Koramil 0909/Pamempeuk Kodim 0609/Kabupaten Bandung, Serma Yoyo Sunaryo Anggota Babinsa Koramil 0909/Pamempeuk melakukan pendampingan terhadap Kelompok Tani Sumber Rejeki 3, diantaranya pengecekan lahan tanaman padi jenis ciherang bertempat di Kampung Malakasari Desa Patrol Sari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung di lahan Sawah seluas 1 ha.

Kemudian, di Kampung Pasanggrahan Kelurahan Cibuni Geulis Kecamatan Bungur Sari Kabupaten Tasikmalaya, Babinsa koramil 1202/Indihiang Kodim 0612/Tasikmalaya Serma Ading, melakukan pendampingan penanaman padi terhadap Kelompok Tani Pasanggrahan, yang di Ketuai Bapak Abudin, pada Lahan Seluas lebih kurang 20 Hektar. Jenis Padi yang di tanam adalah Jenis Ciherang dengan mengunakan Pupuk Urea dan NPK.       (Sumber: HU Pelita)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel