Kodam V/Brawijaya

Kasgartap III/Surabaya Tutup Pameran Alutsista

Dibaca: 33 Oleh 08 Sep 2015Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Surabaya – Kepala Staf Garnisun (Kasgartap) III/Saurabaya Brigjen TNI (Mar) R. Gatot Suprapto menutup Pemeran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) yang digelar di Kampus C Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Senin (7/9/2015).

Pada acara penutupan pameran kali ini para pengunjung disuguhi atraksi Beladiri Yong Modo dari Babinsa Kodim 0831 / Surabaya Timur dan Marching Band dari Batalton Arhanudse – 8. Selain itu diumumkan juga bagi stand pameran terbaik, yang berhak mendapatkan Juara I berasal dari Yon Armed 1 / 105, Juara II dari Stand gabungan TNI AL sedangkan untuk Juara III dari Yonzipur – 5.

Komandan Garnisun Tetap (Dangartap) III/Surabaya Mayjen TNI Sumardi yang yang diwakilkan oleh Kasgartap mengucapkan terima kasih kepada panitia, Rektor Unair dan peserta pameran serta segenap warga masyarakat, atas partisipasi dan dukungannya, sehingga pelaksanaan pameran Alutsista TNI ini dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar dan meriah. Pameran Alutsista telah dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, dengan menampilkan berbagai Alutsista dari generasi ke generasi, baik Alutsista yang lama maupun yang terbaru.

Alutsista TNI ini pada hakekatnya adalah milik rakyat, karena  dibeli dari uang rakyat dan diperuntukkan untuk melindungi rakyat dan negara. Oleh sebab itu, TNI  bertekad untuk memelihara dan mengoperasionalkan Alutsista ini dengan sebaik-baiknya dalam rangka menegakkan kedaulatan negara dan  menjaga keutuhan wilayah NKRI. Saya berharap agar melalui event pameran ini, mahasiswa dan masyarakat pada umumnya memperoleh informasi yang seluas-luasnya tentang kemampuan Alutsista dan kegiatan lain yang dilaksanakan oleh TNI untuk masyarakat, bangsa dan negara.

Pada kesempatan yang sama Rektor Unair Prof. Dr. Muh. Nasih juga mengucapkan terima kasih kepada TNI atas partisipasinya dalam mensukseskan Dies Natalis Unair Ke – 61. Dengan adanya pengerahan segala Alutsista yang dimiliki TNI maka kami mendata kurang lebih sekitar 20.000 orang memenuhi halaman Kampus C Unair setiap harinya, ujar Rektor Unair.

Pengunjung Pameran Alutsista bukan hanya dari wilayah Surabaya saja, hal ini terbukti pada hari sebelumnya (Minggu, 6/9) Pameran ini dikunjungi oleh KH. Habib Husain pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Ridwan Tuban beserta 60 orang santrinya.

Ditemui saat mengunjungi pameran, orang nomer satu di Ponpes Ar Ridwan ini sangat terkesan dengan pameran yang digelar. Dia terkesan dengan usia Alutsista yang sudah tua namun masih bagus dan siap pakai sehingga KH. Habib meyakini bahwa persenjataan tersebut dirawat dengan baik oleh TNI.

  1. Habib kagum dan terkesan ketika menyaksikan kendaraan tempur terbaru yang dibeli TNI, Dandim 0831/Surabaya Utara Letkol Inf Dodiet L. yang berada di lokasi pameran menyambut kedatangan rombongan.

Dandim menjelaskan bahwa pameran ini terdiri dari 3 Matra yaitu TNI AD, TNI AL dan TNI AU sebagai wujud pertanggungjawaban TNI kepada Masyarakat. Mendengar penjelasan dari Dandim, KH. habib menyatakan hal ini perlu dikembangkan dalam rangka sosialisasi Wawasan Kebangsaan, dia juga sempat nengingatkan agarTNI lebih kuat dan profesional karena sekarang banyak ancaman.

Dia juga minta agar ke depan komponen masyarakat termasuk pondok-pondok  pesantren dilibatkan dalam gelaran pameran alutsista dan kegiatan sosialisasi Wawasan Kebangsaan serta Bela Negara. KH. Habib mengakatakan bahwa dengan  gelar alutsista ini sebenarnya secara langsung menumbuhkan Wawasan Kebangsaan dengan sendirinya, termasuk kepada diri saya sendiri. “Dengan pameran ini saya  semakin cinta TNI dan NKRI, semoga TNI semakin profesional dan dicintai rakyat” pungkas KH. Habib.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel