Kodam XII/Tanjungpura

Kodam XII/Tpr Komitmen Bantu Pemerintah Dalam Penanggulangan Karhutla di Wilayah Kalbar

Dibaca: 56 Oleh 11 Agu 2020Tidak ada komentar
Kodam XII/Tpr Komitmen Bantu Pemerintah Dalam Penanggulangan Karhutla di Wilayah Kalbar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

JAKARTA, tniad.mil.id – Sebagai wujud nyata dan komitmen membantu pemerintah dalam upaya penanggulan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan Barat, Kodam XII/Tpr menyiapkan personel dan perlengkapan untuk mengatasinya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (11/8/2020).

Diungkapkan Kapendam, rapat antara Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dengan Pemerintah Provinsi Kalbar dihadiri Kepala Staf Kodam XII/Tpr Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos.

“Rapat Koordinasi Sinergitas Peningkatan Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang dilaksanakan ini bertempat di Ballroom Hotel Golden Tulip, Kota Pontianak, Senin (10/8/2020),” jelasnya.

Dijelaskan Aulia, rapat yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dihadiri Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), BPPT, dan perwakilan Kapolda Kalbar.

Kodam XII/Tpr Komitmen Bantu Pemerintah Dalam Penanggulangan Karhutla di Wilayah Kalbar

“Hadir pula Kalaksa BPBD, Kepala Dinas LHK, BMKG, serta OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Provinsi Kalbar,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK, Dody Usodo HGS menyampaikan agar dalam rakor ini para pemangku kepentingan dapat saling bersinergi dan berkesinambungan dalam penanggulangan bencana Karhutla Provinsi Kalbar.

Sedangkan Kasdam XII/Tpr, Brigjen TNI Djaka Budhi Utama, S.Sos., dalam penyampaiannya mengatakan bahwa Kodam XII/Tpr terus berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan Karhutla di wilayah Kalbar.

“Baik dengan menyiapkan personel maupun peralatannya. Dan Kodam juga akan selalu bersinergi dengan Pemda, Polri dan berbagai komponen masyarakat lainnya dalam penanggulangan Karhutla ini,” terangnya.

“Selain itu Kodam juga telah melaksanakan program Desa Mandiri Menuju Langit Biru di Bumi Khatulistiwa,” ucap Djaka.

Ditambahkan pula, dalam mengoptimalkan pencegahan dan penanggulangan Karhutla, Kodam juga telah membentuk Satgas Huma terdiri dari para relawan yang tersebar di desa-desa.

“Satgas Huma ini sebagai mitra dari Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menyosialisasi pencegahan Karhutla,” pungkasnya. (Dispenad)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel