Kodam I/Bukit Barisan

Kodim 0309/Solok Panen Perdana Varietas Padi Kartika 1-82 Sistem Jarwo

Dibaca: 60 Oleh 13 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kodim 0309/Solok melaksanakan kegiatan panen perdana padi Kartika-I-82 di demplot pertanian Kodim 0309/Solok Kelurahan Laing Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok bekerjasama dengan kelompok tani Sarang Alang.

Panen perdana yang diselenggarakan oleh Kodim 0309/Solok merupakan suatu langkah awal dalam sistem tanam jajar Legowo guna memberikan kontribusi kepada kelompok tani dalam peningkatan hasil produksi pertanian guna mewujudkan swasembada pangan.

Panen perdana dihadiri oleh Pj. Walikota Solok H. Asrizal Asnan, Dandim 0309/Solok Letkol Inf Safta Feryansyah, S.I.P., Wakapolres Solok Kota Kompol Nofrizon, S.E., Kadis Pertanian Zefrizal, SP.,MP., Ketua DPRD Yutris Can, SE, Kabulog Tofer Indra, Ka Bappeluh Sari Agus Pendi, Camat lubuk Sikarah Drs. Hendri.,M.Si, Camat Tanjung Harapan Delfianto, S.Sos, Ketua Persit KCK Cab LXIII Kodim 0309/Solok Ny. Safta Feryansyah, Kapolsek Kota Kompol Budi Hadi Tugino, Ka BPS Ny. Hilda, Lurah Laing Sugito dan sejumlah Perwira Kodim 0309/Solok.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Safta Feryansyah mengatakan, panen perdana padi varitas Kartika I-82 di demplot pertanian Kodim 0309/Solok merupakan padi varitas baru yang telah diuji coba di Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang, dimana masa tanam 100 hari dapat meningkatkan hasil produksi padi 6 ½ Ton per hektar.

Dandim menambahkan bahwa di Kelurahan Laing sangat cocok ditanami bibit padi varietas Kartika I-82 dengan curah hujan yang cukup baik. Disamping itu Kodim 0309/Solok juga sudah menyiapkan demplot pertanian lain di wilayah Koramil 0309-02/Lembang Jaya, Koramil 0309-07/Sungai Lasi dan Koramil 0309-12/Sangir dan akan dilaksanakan penanaman serentak pada tanggal 20 Januari mendatang dengan jenis padi yang sama varietas Kartika I-82, sementara untuk ketiga demplot tersebut sudah diresmikan oleh Kasad tanggal 10 Mei 2015.

Ketua DPRD Kota Solok Yutris Can, S.E. mengatakan, memberikan apresiasi kepada Dandim 0309/Solok dan anggotanya bersama-sama dengan kelompok tani turun ke sawah untuk menanam padi untuk kesejahteraan masyarakat sehingga hasil produksi pertanian semakin meningkat dan nilai jualnya lebih tinggi, semoga program yang dijalankan oleh Kodim 0309/Solok bersama kelompok tani dapat berjalan dengan baik, Pemda Kota Solok pada dasarnya mendukung terlaksananya program yang diselenggarakan oleh TNI walaupun terdapat berbagai kendala di lapangan namun TNI tetap eksis dalam melaksanakan tugasnya.

Pada kesempatan lain, Pj. Walikota Solok menambahkan bahwa padi varietas Kartika I-82 sangat cocok dengan kultur tanah dan kondisi cuaca sehingga terobosan baru di dalam menciptakan swasembada pangan diharapkan hasil produksi pertanian semakin meningkat. (Penrem 032/Wbr).

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel