Kodam V/Brawijaya

Kodim 0809/Kediri Laksanakan “Gerakan Penanaman Serentak”

Dibaca: 37 Oleh 11 Jan 2016Tidak ada komentar
#TNIAD, #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

KEDIRI- “Tebalnya pohon-pohon di sekitar kita, setidaknya dapat menghalangi sinar matahari langsung menyentuh kulit anda. Selain itu udara segar yang dirasakan oleh kita yang ada di sekitarnya, akibat dari terhalangnya sinar matahari” jelas Kasdim Kediri Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna, saat melakukan pengawasan di seputaran Kota dan Kabupaten Kediri pada “Gerakan Penanaman Serentak” di ruas kanan kiri jalan provinsi dan nasional se Kota dan Kabupaten Kediri oleh Kodim 0809/Kediri, Senin 11 Januari 2016.

Menurut penelitian, kandungan oksigen yang terkandung di dalam udara yang kita hisap rata-rata hanya 23%. Sisanya terdiri dari gas-gas lain yang tidak dibutuhkan tubuh. Kandungan gas O2 tersebut akan menebal di daerah dimana pepohonan tumbuh karena pohon menghasilkan oksigen dalam proses metabolismenya. Sebuah pohon dewasa menghisap karbondioksida sebanyak kira-kira 24 kilogram setiap tahun. Sebagai pengganti pohon ini akan mengeluarkan oksigen cukup untuk dihisap 2 orang dewasa selama setahun penuh. Dalam setahun sebuah pohon kira-kira menghasilkan oksigen sekitar 130 kilogram.

“Titik fokus kita saat ini (gerakan penghijauan), ialah penanaman pohon di sepanjang ruas jalan yang cenderung kosong tanpa pepohonan dan kurang banyaknya pepohonan, kedepan kita akan lebih fokuskan ke areal pemukiman warga” ungkap Mayor Arh Trijaka Ruhiyatna.

Ribuan bibit pohon mahoni ditanam di ruas-ruas jalan provinsi dan nasional ,khususnya lokasi yang memang benar-benar masih kosong pepohonan atau kurang banyaknya pepohonan. (Penrem 082/CPYJ)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel